Minggu, 30 November 2008

Teknik Menangkap Cicak

Menangkap Cicak Dengan “jupi trap”

Cara menangkap cecak atau cicak - Jika sebelumnya telah di bahas cara menangkap kadal dengan teknik pancing maka kali ini akan di jelaskan cara menangkap cicak dengan teknik “Jupi Trap” yang di kembangkan tahun 2006 oleh saya sendiri hehe .
perangkap cecak
Perangkap untuk menangkap cecak

Seperti halnya kadal, dalam perkuliahan jurusan IPA khususnya biologi cicak juga merupakan salah satu hewan yang biasa di gunakan sebagai objek untuk mewakili golongan reptilia. Jika dibandingkan dengan menangkap kadal, cicak relatif lebih susah jika diinginkan tangkapan hidup dan utuh (ekor tidak putus). Karena biasanya di temukan di dinding-dinding maka sulit menggunakan pancing maka alternatif lain ialah dengan cara kejar-kejaran.
Jupi Trap
Cecak atau cicak sudah mendekati Perangkap

Dengan teknik Jupi Trap menangkap cicak akan lebih mudah dan hemat tenaga selain itu tangkapan akan tetap utuh dan tetap hidup. Teknik ini mungkin akan terdengar lucu atau aneh namun saya telah mengujinya sering kali, jika di lakukan dengan benar maka saya yakin anda jga akan berhasil.

Penasaran apa itu Jupi Trap ?

Berikut penjelasannya !

Teknik “Jupi Trap” ane sendiri nih yang kasih nama dari pada gak ada namanya. adalah teknik yang menggunakan perangkap dari gelas yang berisi sisa ampas seduhan kopi ataupun teh yang telah di beri gula pasir. Atau lebih mudahnya sisa secangkir kopi atau teh manis yang biasa kita minum. Untuk membuat perangkapnya cukup sediakan gelas kaca atau toples yang permukaannya tidak berlekuk dan juga terbuat dari kaca. Kemudian masukan sisa kopi tadi kira-kira setinggi 1-2 cm. Lalu letakan di sudut ruangan yang dindingnya biasnya terdapat cecak, usahakan jauh dari keramaian. Tinggalkan dan periksa 3-5 jam sekali. Jika berhasil maka akan ada cicak yang terperangkap kemudian tinggal di pindahkan ketempat yang di sediakan, trap masih bisa di gunakan jika kopi yang ada didasar gelas tidak kering.

Perlu di perhatikan, jangan terlalu lama meninggalkan trap karena cicak yang terperangkap akan mati karena resapan air kopi akan masuk ketubuh cicak. Untuk menghemat waktu dapat gunakan lebih satu trap.

Jika masih belum berhasil maka coba cek lagi prosedurnya sudah benar atau ada yang kurang, dan cek penempatan trap mungkin terlalu ramai atau tidak ada cicak di sekitar trap. Biasanya cecak yang sering terperangkap adalah jenis cecak yang sering tinggal di dinding-dinding rumah atau sering di sebut "cecak gula" atau Gehyra mutilata.

Oh ya saran buat kamu, jangan gunakan gelas yang masih bagus atau masih di pake yah ntar pas minum kebayang ada cicak kan bahaya hehe.. share and like yah makasih...




Selamat mencoba .....

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, November 30, 2008

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks a lot untuk tips nya bro.. akan sangat bermanfaat buat saya krn dirumah banyak cicak.. semoga dapat balasan pahala kebaikan untuk anda dari Alloh SWT

Anonim mengatakan...

apa cicaknya gak merayap keluar lagi?

muhammad jumani mengatakan...

Nggak, sebab pencengkram pada jari jari cicak akan kehilangan daya cengkramnya saat terkena air kopi maka dari itu jangan sampai trap nya kering.

Anonim mengatakan...

Sippp...
bnr ini memang top
sy sering Liat cicak terjebak di geLas sisa kopi...

Anonim mengatakan...

jazzakallahu khoir mas jumani

yo ga mengatakan...

TENGKYU PISAN GAN

novian vian mengatakan...

Mantap bro tanks ya
Ini sangat bermanfaat bagi yg membutuh kan

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion