Selasa, 09 Desember 2008

Morfologi Buah Semu

Buah Semu - jika penyerbukan pada bunga telah terjadi dan diikuti oleh pembuahan, maka bakal buah akan tumbuh menjadi buah dan bakal biji yang terdapat di dalamnya akan tumbuh menjadi biji. Secara umum buah dibedakan menjadi dua, yaitu buah sejati atau buah sungguh dan buah palsu atau buah semu.

Buah sejati adalah buah yang semata-mata terbentuk dari bakal buah, atau paling banyak padanya terdapat sisa-sisa bagian bunga yang lazimnya telah gugur. Buah sejati dibedakan dalam tiga golongan, yaitu: buah sejati tunggal (buah sejati tunggal kering dan buah sejati tunggal berdaging), buah sejati ganda (buah kurung ganda, buah batu ganda, buah bumbung ganda dan buah buni ganda), dan buah majemuk (buah buni majemuk, buah batu majemuk dan buah kurung majemuk).

Buah semu adalah buah yang terbentuk dari bakal beserta bagian-bagian lain pada bunga itu, yang malahan akan menjadi bagian utama dari buah karena memiliki ukuran yang lebih besar, lebih menarik perhatian dan seringkali merupakan bagian buah yang bermanfaat yaitu dapat dimakan, sedangkan buah sesungguhnya kadang tersembunyi. Buah semu dibedakan menjadi tiga, yaitu: buah semu tunggal, buah semu ganda, dan buah semu majemuk.
Beberapa tumbuhan yang memiliki buah semu adalah sebagai berikut :

1)Buah jambu mete / jambu monyet (Anacardium occidentale)
Jambu mete atau Anacardium occidentale merupakan buah yang termasuk kedalam buah semu tunggal yangakibat pembesaran tangkai buah hingga menjadi tempat penimbunan cadangan makanan, pada buah ini selain bakal buah ada bagian lain bunga yang ikut membentuk buah.

2)Buah Nangka (Artocarpus heterophylla Lamk.)
Buah nangka merupakan buah semu majemuk yang terjadi dari bunga majemuk,dimana perigeniumnya menyatu mebentuk seperti kulit buah, dari luar tampak seperti satu buah saja, terjadi dari ibu tangkai bunga yang tebal dan berdaging, beserta daun-daun tenda yang pada ujungnya berlekatan satu sama lain, sehingga merupakan kulit buah semu.

3)Buah Kacang tanah (Arachis hypongea)
Arachis hypongea merupakan buah sejati tunggal kering yang bagian luarnya keras dan mengayu seperti kulit yang kering. Buah mempunyai ruangan yang berisi satu atau dua biji. Buah ini biasanya tumbuh di dalam tanah dan jika masak tidak pecah.

4)Buah Mangga (Mangifera indica L.)
Mangifera indica L. merupakan buah sejati tunggal berdaging, terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Buah ini mempunyai satu ruangan yang berisi satu biji.




5)Buah Karet (Hevea brasiliensis Muell.)
Hevea brasiliensis Muell. merupakan buah sejati tunggal yang kering berkendaga tiga, terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Buah ini menpunyai dua ruangan atau lebih yang berisi banyak biji berwarna putih. Buah ini bagian luarnya keras dan mengayu seperti kulit yang kering. Buah ini mempunyai sifat seperti buah berbelah, tetapi tiap bagian buah kemudian pecah lagi, sehingga dengan itu biji dapat terlepas dari biliknya. Menurut jumlah kendaganya buah ini kalau masak akan pecah menjadi 3 bagian, yang masing-masing pecah dan mengeluarkan satu biji.
melinjo ini diselubungi oleh suatu mantel yang terdiri atas integumen luar yang menjadi keras dan tenda bunga yang berdaging yang akhirnya akan berwarna merah jika buah telah masak.

7)Buah Mentimun (Cucumis sativus L.)
Mentimun atau Cucumis sativus L. merupakan buah sejati tunggal yang berdaging tergolong kedalam buah mentimun. Terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Buah ini mempunyai satu ruangan dengan banyak biji berwarna hijau keputihan. Buah ini terjadi dari tiga daun buah yang tepinya melipat ke dalam dan merupakn sekat-sekat sejati, tetapi ujung daun buah itu melipat lagi ke arah dinding buah, sehingga ruang-ruang yang telah terjadi dari tengah-tengah buah terbagi lagi oleh sekat-sekat yang tidak sempurna. Jika masak bijinya tidak pecah


6)Buah Melinjo (Gnetum gnemon L. var. Domesticum Mgf)
Gnetum gnemon L. var. Domesticum Mgf adalah salah satu jenis buah berbiji terbuka. Biji h dan dan warna buahnya juga putih kehijauan. Biasanya buah mentimun kulit buah di bagian luar lebih tebal dan kaku, ruangan buah selain berisi biji-biji dalam jumlah yang besar masih mempunyai ruangan yang kosong.


8)Buah Jeruk (Citrus sp)
Citrus sp merupakan buah sejati tunggal berdaging terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Kulit buahnya mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan luar (flavedo) yang kaku menjangat dan mengandung banyak kelenjar minyak atsiri, yang mula-mula berwarna hijau, tetapi jika masak warnanya berubah menjadi kuning atau jingga. Lapisan tengah (albedo) yang bersifat seperti spon, terdiri dari jaringan bunga karang yang biasanya berwarna putih, dan lapisan dalam yang bersekat-sekat, hingga terbentuk beberapa ruangan. Dalam ruangan-ruangan ini terdapat gelembung-gelembung yang berair, dan bijinya terdapat bebas, di antar gelembung-gelembung ini.

9)Buah Nenas (Ananas comocus)
Ananas comocus merupakan buah sejati majemuk (buni majemuk) yang berasal dari suatu bunga majemuk yang bakal buah dari masing-masing bunga dalam bunga majemuk membentuk suatu buni. Pada buah ini pembentukan buah ikut pula mengambil bagian daun-daun pelindung dan daun-daun tenda bunga, sehingga keseluruhannya nampak sebagai satu buah saja.

10)Buah Srikaya (Annona squamosa L.)
Annona squamosa L. merupakan buah sejati ganda yang buahnya terjadi dari satu bunga dengan banyak bakal buah yang masing-masing bebas yang kemudian akan berkumpul menjadi buah sejati, tetapi semuanya tetap berkumpul pada satu tangkai.

Sumber :
Tim Dosen. 2004. Penuntun praktikum Morfologi Tumbuhan. PMIPA. FKIP. Unlam. Banjarmasin

Tjitrosoepomo, Gembong. 2000. Morfologi Tumbuhan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Tjitrosoepomo, Gembong. 1991. Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Van steenis, C.G.G.J. 1991. Flora. PT Pradaya Paramita. Jakarta

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Desember 09, 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion