Jumat, 12 Desember 2008

Tokoh-Tokoh Dalam Tetralogi Laskar Pelangi

Tetralogi Laskar Pelangi


Di dalam buku pamungkas tertralogi Laskar Pelangi ini menceritakan kisah Ikal sewaktu menghadapi sidang tugas akhir, bagaimana ia bisa lulus dan akhirnya pulang ke Belitong setelah berkeliling menikmati tempat-tempat terkenal di Eropa yang salah satunya kota impian yang terdapat di dalam buku If Only They Could Talk yang diberikan oleh A Ling (Njoo Xiang Ling).
Perjalanan pulang digambarkan dengan cukup rinci dimana sebagian besar adalah sebuah pengalaman pahit akibat kurangnya perhatian pemerintah terhadap transportasi laut saat itu. Susana ini ini digambarkan sejak Ikal mengantri tiket kapal hingga sampai di Pulau Belitong dimana harus melewati perjuangan antara hidup dan mati menuruni tangga tali setinggi 30 meter karena kapal tidak bisa merapat kedermaga danharus dijemput kapal nelayan.
Perjalanan pulang kekampung banyak dikisahkan perjalan bersama angkutan Bang zaitun yaitu orang yang pernah dijadikan Arai guru untuk menundukan hati Zakiah Nurmala. Bang zaitun merupakan pimpinan orkes melayu yang akhirnys bangkrut karena kalah bersaing dengan organ tunggal sehingga akhirnya mengikuti lelang mobil dari perusahaan timah dan jadilah sopir angkot.

Perjalanan kekampung Ikal kurang lebih 120 km disini banyak mengingatkan ikal akan perjalanan hidupmya dimana beberapa waktu lalu baru saja ia merasakan mewahnya eropa sekarang ia sudah berada di kampungnya. Ketika tiba dikampungnya Ia berdiri di depan sebiah toko, toko yang mngawali perjalanan panjang dan petualangannya menjelajahi belahan dunia. Tak lain toko itu adalah toko Sinar Harapan tempat Ia membeli kapur dan tempat Ia pertama kali bertemu dengan A Ling.

Banyak peristiwa yang terjadi dikampung yang di ceritakan misalnya penyambutan dokter gigi Diaz yang begitu megah namun bahkan selama setahun tidak mendapatkan pasien. Karena masyarakat melayu disana cenderung kedukun gigi A Put.
Di novel ini juga di gambarkan dengan luas kisah kehidupan multi etnik di kampungnya dengan berbagai gaya hidup dan kepribadian masing-masing.
Cerita lain ialah tentang perubahan arai yang ketika kedatangan Ikal sudah tampak berubah dan terlihat lebih gagah dan tampan, karena penasaran akhirnya Ikal bertanya pada ibunya tentang perubahan yang terjadi pada Arai (Muhammad Arai).
Ternyata penyebab perubahan itu adalah sebuah surat yang dikirimkan oleh Zakiah Nurmala kepada Arai untuk menjemputnya di Tanjong Pandan.

Di novel ini juga diceritakan pengalaman Ikal saat kedokter gigi, ikal yang juga sangat anti kedokter gigi akhirnya menyerah oleh taktik yang direncanakan mahar sebuah siasat licik untuk membujuk Ikal agar mau kedokter gigi untuk mengubah paradikma suku melayu untuk berhenti kedukun gigi tetapi pergi kedokter gigi jika mengalmi gangguan kesehatan gigi. Tentu saja satu-satunya kelemahan Ikal yang diketahui Mahar adalah A Ling. Dengan membawa A Ling akhirnya Ikal terbujuk juga.

Di novel ini akan dapat kita ketahui nasib Ikal dan A Ling. Apakah nasib cinta Ikal akan sebahagia Arai dan Zakiah Nurmala ataukah tidak jawabannya bisa diketahui dengan membaca Novelnya dan tentu saja akan lebih terasa humor, kisah sedih, dan penderitaan Ikal lainnya. 

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Desember 12, 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion