Kamis, 23 April 2009

Lalat buah (Drosophilla)

Tips dan Trik menjebak Lalat Buah (Drosophila)

Lalat buah (Drosophila) merupakan serangga terbang yang familiar, sering kali kita temukan di dapur sedang bergerombol mengerumuni buah atau sayuran. Lalat buah hidup dari buah yang telah masak dan hampir busuk. Tidak hanya buah, bahkan sayuran dan sisa makanan sering kali menjadi tempat yang sangat di sukainya untuk makan dan meletakan telur-telurnya.
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan terutama dalam hal praktikum, lalat buah sering digunakan sebagai bahan praktiukm terutama masalah genetika. Topik persilangan dalam genetika banyak menggunakan lalat buah karena :
1.Mudah didapat
2.Pemeliharaan tidak terlalu sulit
3.Tidak memerlukan tempat yang luas
4.Cepat berkembang biak
Namun sering kali dalam memperoleh lalat buah agak sulit sebab lalat buah tidak dapat ditemukan disembarang tempat. Tetapi dengan menggunakan perangkap/umpan lalat buah dapat diperoleh tanpa harus bersusah payah.
Berikut tips yang bisa saya berikan untuk mempermudah anda memperoleh lalat buah :
1.Siapkan tempat, bisa berupa gelas, toples, atau botol dengan mulut agak lebar
2.Masukan umpan, pilih umpan yang sudah ranum dan pilih buah yang aromanya cukup tajam. Tidak harus buah pisang, bisa diganti dengan potongan buah nanas, pepaya, mangga, jambu biji, jeruk nipis yang dibelah dll, atau dapat pula menggunakan ampas teh.
3.Letakan perangkap (di sarankan pagi hari) di tempat yang teduh/ di pojok ruangan yang tidak ramai dan usahakan jangan di ruang tertutup
4.Pilih tempat yang tidak banyak serangga terbang yang lebih besar misalnya lalat, capung atau belalang
5.Jika di dalam ruangan jangan di letakan di tempat yang terdapat pengaruh racun serangga misalnya obat nyamuk dan pengharum ruangan
6. Setelah di tinggalkan beberapa jam bisa dilihat apakah umpan sudah banyak di kerumuni lalat buah
7.Jangan lupa sediakan plastik dan karet gelang, jika cukup banyak tinggal menutup toples atau gelas perangkap tersebut kemudian di ikat dengan karet gelang dan beri lubang kecil-kecil pada plastik tutup toples tersebut dengan menggunakan jarum agar tetap ada sirkulasi udara.
8.Jika masih ingin menggunakan perangkap bisa menyiapkan kantong plastik kecil (kantong plastik gula atau es batu), hadapkan mulut kantong plastik ke arah mulut toples atau cangkir kemudian buat agar lalat buah yang ada di dalam toples atau cangkir perangkap keluar dan masuk ke kantong plastik.
Nah mudah bukan ! selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, April 23, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion