Jumat, 15 Mei 2009

Contoh soal mikrobiologi

Jawaban pertanyaan halaman 79
Buku Dasar-Dasar Mikrobiologi
Karangan Prof. Dr. D. Dwidjoseputro
Pertanyaan
  1. Apa guna zat makanan bagi bakteri ? Bagaimana cara bakteri mengambil zat makanannya ?
Jawaban
Seperti halnya makhluk hidup lain bakteri juga memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya yaitu untuk menjalankan aktifitas hidup dan berkembangbiak. Bakteri mengambil makanannya dapat secara autotrof yaitu dengan membentuk senyawa-senyawa organik dari zat anorganik maupun heterotrof yaitu dengan mengambil zat organik yang sudah jadi.
2. Jika makanan itu padat misal tepung, bagaimana cara bakteri mengambilnya?
Jawaban
Dengan mengeluarkan atau menghasilkan eksoenzim untuk mengubah tepung tersebut sehingga dapat diserap oleh bakteri ( proses fermentasi).
3. Sebutkan 4 unsur yang paling banyak dibutuhkan oleh bakteri ?
Jawaban
Empat unsur yang paling banyak dibutuhkan oleh bakteri adalah Karbon ( C ), Hidrogen (H), Oksigen (O), dan Nitrogen (N) .
4. Zat karbon dalam bentuk apakah merupakan zat makanan bagi bakteri ? Nitrogen di dalam bentuk apakah dapat di serap oleh bakteri ?
Jawaban
Zat karbon dalam bentuk CO2 dan –CO3 dan nitrogen dalam bentuk ion-ion NH4+, NO3- atau N2 bebas.
5. Bagaimana cara menilai kadar vitamin pelbagai bahan makanan dengan menggunakan bakteri? Sebutkan 3 genus yang biasa dipakai untuk itu.
Jawaban
Yaitu dengan menanamkan suatu spesies yang memerlukan suatu jenis vitamin misal vitamin B, di tanam di dalam medium pokok yang tidak mengandung vitamin B kemudian ditambahkan bahan makanan yang akan di uji kadar vitamin B nya, hasilnya bakteri tersebut mati atau tidak berkembang dengan baik maka dapat di simpulkan bahwa bahan makanan tersebut tidak mengandung atau miskin vitamin B. Tetapi jika pertumbuhan bakteri tersebut sangat subur maka dapat di simpulkan bahan makanan tersebut banyak mengandung vitamin B. Genus yang biasa di pakai misalnya Streptococcus, Leoconostoc, dan Lactobacillus.
6. Sebutkan golongan bakteri berdasarkan cara bagaimana mereka mendapatkan zat makanannya.
Jawaban
Berdasarkan cara mendapatkan makanan bakteri di golongkan menjadi bakteri Autotrof ( kemo-aototrof dan foto-aototrof) dan bakteri heterotrof.
7. Apa beda komosintesis dan fotosintesis?
Jawaban
Kemosintesis proses pembentukan senyawa organik dari zat-zat anorganik dimana energi yang dibutuhkan diperoleh dari hasil oksidasi hidrogen,karbon monoksida, besi, belerang, amoniak, atau nitrit. Sedangkan fotosintesis energi yang diperlukan diperoleh dengan bantuan cahaya.
8. Apa enzim itu? Bagaimana sifat-sifatnya ?
Jawaban
Enzim adalah zat penggiat/biokataslisator dalam proses atau kegiatan fisologis seperti penyusunan zat organik, pecernaan makanan, pembongkaran zat makanan dan kegiatan fisologis lainnya. Sifat- sifat enzim :
a. Enzim menggiatkan atau kadang mengawali suatu proses
b. Enzim bekerja secara khusus, untuk pengubahan suatu zat tertentu di perlukan enzim tertentu pula
c. Enzim merupakan suatu protein, jadi suatu susunan koloid
d. Banyak enzimdapat bekerja bolak-balik
e. Enzim tidak tahan temperatur tinggi, kerja enzim sangat dipengaruhi oleh suhu.
f. Enzim terpengaruhi oleh pH, konsentrasi, suhu, substrat, dan oleh hasil alkhir.
g. Banyak enzim ememerlukan ko-enzim untuk melaksanakan tugasnya, misalnya unsur K, Mg, Fe. Tetapi adapula enzim yang terhambat kerjanya oleh unsur Hg dan F.
9. Apa beda eksoenzim dan endoenzim ?
Jawaban
Eksoenzim adalah enzim ayang dikeluarkan oleh sel bakteri guna mengambil zat makanan yang ada di sekeliling sel. Endoenzim adalah enzim yang memegang pernan dalam proses fisiologis di dalam sel itu sendiri.
10. Sebutkan beberapa hidrolase,oksidase, dan desmolase
Jawaban
Hidrolase : karbohidrase,esterase, proteinase
Oksidase : Dehidrogenase dan katalase
Desmolase : karboksilase dan transaminase
11. Apa beda pernapasan aerob dan pernapasan anaerob?
Jawaban
Pernapasan aerob adalah pernapasan yang oksigennya berasal dari udara bebas. Sedangkan pernapasan anaerob adalah pernapasan yang tidak melibatkan oksigen bebas.
12. Jelaskan perbedaan pernapasan antarmolekul dan pernapasan intramolekul.
Jawaban
Pernapasan antarmolekul menggunakan oksigen yang diperoleh dari senyawa untuk mengoksidasi substrat dan tidak mereduksi oksigen melainkan senyawa. Sedangkan pada pernapasan intramolekul dalam pengubahan suatu molekul tanpa oksidasi sama sekali, bagian dari suatu molekul kehilangan atom-atom H dan bagian lain dari molekul tersebut mendapatkan atom-atom H.
13. Apa beda fermentasi dan pembusukan?
Jawaban
Fermentasi merupakan proses pengubahan substrat menjadi bahan lain dengan menghasilkan energi. Sedangkan pembusukan adalah penguraian protein dan senyawa lain yang mengandung N yang menimbulkan bau yang merupakan aktivitas dari bakteri anaerob.
14. Bagaimana bakteri anaerob memperoleh energi?
Jawaban
Dengan melaksanakan pernapasan secara antarmolekul dan intramolekul.
15. Apakah yang dimaksud efek pasteur?
Jawaban
Yaitu hidup secara anerob bagi bakteri lebih menguntungkan dari pada anaerob karena pernapasan secara aerob menghasilkan energilebih besar dibandingkan perapasan secara anaerob.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Mei 15, 2009

1 komentar:

Mustafa Rahim mengatakan...

makasih banyak gan atas infonya, good luck truz

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion