Selasa, 12 Mei 2009

Ciri-Ciri Ordo Diplura, Ordo Ephemeroptera, Ordo Odonata

Serangga (Insekta)
Ordo Diplura, Ordo Ephemeroptera, Ordo Odonata

1. Ekor garpu (Ordo Diplura)
Ciri-ciri, Warna tubuh pucat, bentuk tubuh oval, memanjang. Abdomen berakhir dengan 2 cerci yang panjang atau bangunan seperti garpu yang kokoh, tubuh tanpa sisik, panjang sekitar 6 mm.
Habitat umumnya terdapat di tumpukan jerami, tanah atau dibawah kulit, di bawh batu dan dalam lingkungan yang lembab.
Peranan membantu pelapukan, jarang bertindak sebagai hama.
2. Lalat sehari ( Ordo Ephemeroptera)
Ciri-cirinya memiliki ukuran tubuh kecil sampai sedang, tubuh panjang dan lunak. Antena kecil mempunyai 2-3 ekor (cerci) yang panjang. Sayap depan lebar dan berbentuk segitiga, sayap belakang kecil bulat dan kadang-kadang absen. Sayap seperti selaput (membran) dengan banyak vena. Mempunyai alat pernapasan seperti daun disepanjang sisi perut.
Habitatnya ketika dalam bentuk nimpha hidup di air (aquatik), dewasa sering dijumpai dikolam atau aliran air.
Peranannya salah satunya adalah sebagai bio indikator tingkat pencemaran di suatu daerah. Nimpha dan dewasa adalah maknan penting bagi ikan di perairan.
3. Capung (Ordo Odonata)
Ciri-cirinya berukuran tubuh sedang sampai besar, antena pendek dan kaku, abdomen panjang dan ramping, tipe alat mulut penggigit pengunyah, sayap seperti selaput dan mempunyai banyak vena.
Habitat ketika nimpha hidup di air (aquatik) dan dewasa terdapat di darat/udara bebas dengan makanan yang berbeda antara nimpha dan dewasa.
Perilaku : Setelah beberapakali ganti kulit di air, nimpha instar terakhir akan merayap keluar dari air, memecahkan kulit untuk terakhir kali dan memulai hidup di udara. Dalam terbang mereka menggerakan sayapnya yang panjang bergantian, bila sayap depan naik, sayap belakang turun. Ordo Odonata dikenal sebagai penerbang akrobat termahir, melakukan kopulasi sambil terbang, sering juga sambil berkopulasi betina menikmati mangsanya yang berhasil ditangkapnya.
Peranan Nimpha dan dewasa sebagai predator serangga, dan binatang kecil lainnya seperti nyamuk, lalat, laron, imago(dewasa) penggerek batang padi, dll.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Mei 12, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion