Minggu, 03 Mei 2009

Jingah Tanaman beracun(kontak langsung)


Jingah

Pohon Jingah, Nama Ilmiah jingah
Jingah

Nah bagi masyarakat banjar (kalimantan selatan) tentunya sudah sangat familiar dengan pohon jingah (Gluta renghas) yang sring menimbulkan gatal-gatal jika terkena getahnya baik itu dari daun, ranting, maupun dahan. Tanaman jingah hanyalah salah satu dari banyak tanaman beracun/menyebabkan alergi pada kulit jika tersentuh langsung.

Beberapa tumbuhan memiliki kandungan atau senyawa protein tertentu yang bila bersentuhan ataupun masuk kedalam jaringan darah dapat menimbulkan reaksi oleh tubuh yang biasa di sebut dengan alergi. Terkadang senyawa ini bersifat racun bagi tubuh sehingga pengenalan terhadap tumbuhan-tumbuhan seperti ini dirasa perlu, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pada setiap orang reaksi alergi ataupun keracunan dapat memberikan pengaruh yang berbeda-beda, pada beberapa kasus suatu alergen (penyebab alergi) tidak memberikan effek apa-apa terhadap orang tertentu tetapi sangat signifikan memberikan dampak terhadap mereka yang alergi. Sama halnya beberapa racun yang terkandung pada tumbuhan pada sebagian orang hanya memberikan reaksi ringan tetapi pada beberapa orang tertentu efeknya sangat signifikan. 

Namun pada golongan racun-racun tertentu yang terkandung pada tanaman memang memberikan efek yang sangat besar pada sebagian besar orang misalnya senyawa sianida  yang bisa menyebabkan kematian.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Mei 03, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion