Jumat, 24 Juli 2009

Memilih Pot Anggek

Memilih Pot Anggek

Memilih pot angrek tak kalah pentingnya selain mempersiapkan media saat bertanam anggrek di dalam pot. Penggunaan pot dalam bertanam anggrek ini terutama banyak dijumpai di daerah perkotaan. Selain mudah perawatan, dengan bertanam anggrek di dalam pot kita lebih bebas dalam mengatur anggrek ke sudut mana akan diletakan.

Anggrek dalam pot

Dalam memilih pot anggrek yang terpenting adalah lubang sirkulasi udara. Jadi pot anggrek harus memiliki lubang angin tambahan di sisi pot selain lubang pembuangan air karena akar anggrek membutuhkan aliran udara segar dalam pertumbuhannya.

Umumnya pecinta anggrek memilih pot anggrek berdasarkan selera atau minat, sebab akan lebih enak dilihat jika anggrek kesukaan yang kita tanam di padukan dengan pot yang antik ataupun pot indah yang merupakan pilihan kita sendiri. Namun tidak ada salahnya untuk anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing pot sebelum anda membelinya.

Jika yang anda pilih adalah pot dari tanah, pastikan lubang udara di sisi pot sudah memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan udara segar akar anggrek. Kelebihannya jika anda memilih pot dari tanahadalah bahan dari tanah lebih menyerap air sehingga tidak terlalu khawatir akar akan membusuk karena terendam air. Selain itu berat pot yang lumayan akan mampu menopang anggrek meski sudah cukup tinggi. Tapi pot yang terbuat dari tanah liat memiliki kekurangan yaitu susah saat mengganti pot, karena akar anggrek akan melekat di pot.

Selain pot dari tanah, penyuka anggrek juga banyak memilih pot anggrek yang terbuat dari plastik. Kelebihan pot plastik, mudah dibersihkan, banyak pilihan baik warna,bentuk dan ukurannya. Kelemahannya yaitu tidak memiliki lubang di dinding pot, sehingga harus membuat lubang tambahan sendiri, serta sering roboh jika tanaman anggrek sudah cukup tinggi sebab bobot pot plastik cukup ringan apalagi jika media yang digunakan adalah arang atau pakis.

Terakhir pot yang sering juga banyak digunakan dalam bertanam anggrek di dalam pot adalah pot kayu. Pot kayu bisa di buat sendiri (untuk panduan membuat pot kayu untuk anggrek akan saya posting di lain kesempatan ) atau membeli yang sudah jadi. Kelebihan pot kayu adalah lebih menyerap air sehingga resiko akar anggrek mengalami kebusukan kecil. Sedangkan kekurangan kalau anda memilih pot anggrek yang terbuat dari kayu adalah anda harus lebih sering manyiramnya.

Perlu diketahui, setiap pot yang anda pilih sudah memilki kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu harus lebih di ingat sifat akar anggrek yang menyukai udara bebas sehingga harus senantiasa dijaga agar akarnya jangan sampai terendam dan jaga sirkulasi udaranya tetap lancar.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Juli 24, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion