Kamis, 23 Juli 2009

Menanam Anggrek Dendrobium

Menanam Anggrek Dendrobium

Dendrobium phalaenopsis

Tentu menyenangkan jika kita memiliki koleksi anggrek sendiri. Karena bunga anggrek sudah terkenal kecantikannya dan merupakan tanaman yang memiliki nilai oksotis yang memikat para pecinta tanaman hias. Sehingga tidak aneh anggrek banyak di buru dan di jarah oleh sekelompok orang yang hanya mementingkan yang namanya uang, Termasuk kalimatan selatan yang memiliki aneka anggrek yang bernilai tinggi . Tapi jangan takut, tidak semua pemelihara anggrek adalah orang semacam itu, banyak juga dari mereka yang justru menyelamatkan anggrek-anggrek spesies langka dari jarahan seklompok orang yang tidak bertanggung jawab. Dan mereka juga dapat menambah penghasilan dengan menjual anggrek turunan atau hibrida dari koleksi mereka.

Lalu bagaimana cara menanam anggrek? Menanam anggrek tidak sama antara jenis satu dengan yang lainnya karena berhubungan erat dengan cara hidupnya. Misalnya anggrek yang hidup di tanah tentu kita harus menamanya di pot, atau lahan yang telah di sediakan dan tidak bisa di samakan dengan anggrek epifit misalnya Dendrobium anosmum yang hidup di pohon-pohon atau kayu lapuk. Jadi untuk berhasil menanam anggrek kita harus tahu cara hidup anggrek tersebut. Karena banyak jenis anggrek, untuk kali ini saya akan coba tulis tentang cara menanam anggrek dendrobium saja.

Cara hidup anggrek dendrobium adalah epifit artinya hidup menumpang di atau menempel di pohon-pohon, cabang-cabang kayu, baik itu yang sudah hidup maupun yang sudah mati. Namun anda bisa pula menanamnya dengan media tertentu di dalam pot.

Untuk menanam anggrek dendrobium akan lebih mudah jika dihalaman anda banyak pohon atau kayu besar. Dendrobium tinggal di ikatkan saja pada batang pohon tersebut, tapi jika akar dendrobium masih sedikit perlu diberi alas berupa sabut kelapa pada pohon sebelum anggrek di ikatkan. Untuk mengikat bisa gunakan tali rafia, ijuk, nilon ataupun yang lainnya, namun saya sarankan untuk tidak menggunakan kawat atau yang terbuat dari logam jika masih ada pengikat yang lain karena dapat menggangu pertumbuhan anggrek. Praktis bukan? Yang penting ikat dengan kokoh sehingga tidak mudah goyah karena anging atau hujan sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu.

Jika halaman anda tidak memiliki pohon-pohon untuk ditempelkan anggrek, anda bisa menanam anggrek dendrobium pada blok-blok pakis yang bisa anda beli. Dengan menggunakan blok-blok pakis ini anda bisa mengatur tata letaknya sehingga anda bisa menempatkan ditempat yang anda suka. Tapi jangan lupa jika akar sudah banyak tumbuh dan melekat pada blok pakis, pengikatnya bisa di lepas agar lebih indah di pandang. Namun, meski bebas ditempatkan dimana saja, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebutuhan cahaya, sirkulasi udara, dan hal lainnya.

Untuk menaman anggrek Dendrobium di Pot akan saya tulis di lain kesempatan. Jadi jangan lupa mengunjungi blog ini lagi, dan anda bisa berikan komentar atau saran dan bisa pula dalam bentuk pertanyaan ! Siap bertanam Anggrek...?

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Juli 23, 2009

1 komentar:

Dian Anggraini mengatakan...

saya seorang ibu yg 2thn lg akan pensiun, rencananya untuk mengisi waktu sekaligus menyalurkan hobby, saya akan buka kebun anggrek, kebetulan saya jg suka keindahn, jadi saya ingin penataan pot2 atau asesories yg dibutuhkan se rapih dan seindah mungkin. Kiranya adakah yg bisa membantu ....? salam dan rasa terima kasih mengakhiri perkenalan saya, semoga Allah selalu beserta kita Aamiin ...

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion