Rabu, 08 Juli 2009

Metamorfosis amphibi


Methamorphosis Amphibi
Gambar tahapan metamorfosis
Metamorphosis berasal dari bahasa Yunani yaitu Greek = meta (diantara, sekitar, setelah), morphe` ( bentuk), osis (bagian dari), jadi metamorphosis merupakan perubahan bentuk selama perkembangan post-embrionik. Metamorfosis adalah suatu proses biologi di mana hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas. Proses ini melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel (Mysience, 2008). Amphibia berasal dari kata amphi yang artinya rangkap dan bios yang artinya hidup. Yakni, di dalam siklus hidupnya memerlukan 2 macam habitat, air dan darat. Di sini, untuk menggambarkan proses metamorphosis sempurna digunakan katak sebagai contoh dari golongan amphibi.
Metamorphosis yang terjadi pada katak, adalah untuk melakukan penyesuaian diri hidup di daerah terrestrial. Misalnya, alat pernafasan larva (berudu) berupa insang yang hanya dapat digunakan dalam air, sedangkan alat pernafasan dewasa berupa berupa paru-paru yang hanya dapat digunakan untuk bernafas di darat. Selain itu alat pencernaan berudu memiliki usus yang sangat panjang sesuai dengan fungsinya untuk mencernakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, sementara yang dewasa hanya memiliki usus yang pendek saja sesuai dengan fungsinya untuk mencernakan makanan yang berasal dari hewan.
Organ tubuh yang berbeda juga akan merespon beda pada stimulasi hormon. Stimulus yang sama menyebabkan beberapa jaringan degenerasi dan menyebabkan diferensiasi dan perkembangan yang berbeda. Respon hormon thyroid lebih spesifik pada bagian-bagian tubuh tertentu. Pada ekor, T3 menyebabkan kematian dari sel-sel epidermal. Meskipun terjadi kematian dari sel-sel epidermal pada ekor, kepala dan epidermis tubuh tetap melanjutkan fungsinya. Artikel tentang karakteristik amphibi klik disini

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Juli 08, 2009

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion