Kamis, 06 Agustus 2009

Modal Guru


Modal Guru

Untuk menjadi guru tak cukup hanya prestasi akademik yang diandalkan, tapi pasti dituntut banyak hal yang tidak sekedar dilihat dari angka-angka atau nilai semata. Paling tidak dari pendapat itu bisa dibuktikan dari beberapa hal yang kerap menjadi permasalahan tenaga pendidik yang umumnya tak luput dari bagaimana mengelola kelas, mengatur dan merencanakan kegiatan pembelajaran, bagaimana membuat rpp yang tidak hanya bagus tetapi benar-benar mampu menolong peserta didik. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana memilih dan mengaplikasikan metode-metode pembelajaran yang paling efektif dan paling cocok dengan materi dan kondisi kelas.
Tulisan ini saya rilis setelah mebaca sebuah file pdf yang berisi artikel tentang revolusi belajar yang di tulis berdasarkan buku The Learning Revolution (Revolusi Belajar) yang dikarang oleh Gordon Dryden dan Dr, JeannetteVos yang disunting oleh Ahmad Baiquni) yang ditujukan kepada para pembaca untuk mempelajari dan menerapkannya dalam kehidupan. Memilih metode belajar memang tidak sulit namun tidak juga bisa di bilang mudah, tidak ada rumus baku untuk menentukan metode tertentu yang cocok dengan situasi mengajar yang akan kita hadapi, hanya dengan belajar dari pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun dari pengalaman orang lain kita dapat menentukan metode yang dianggap paling sesuai untuk di gunakan.
Misalnya dalam file yang saya baca tersebut (anda juga bisa membacanya dengan mengklik link) yang di perkenalkan adalam metode belajar cepat yang bisa menjadi modal guru. Modal guru disini bukanlah uang untuk berbisnis, melainkan bekal guru untuk terjun kedunia pendidikan. Kembali ke file yang saya baca, dimana seorang guru harus memiliki modal misalnya memahami bagaimana carabelajar cepat yang intinya belajar akan efktif jika di lakukan dalam keadaan yang menyenangkan. Paling tidak metode belajar cepat ini telah teruji keberhasilannyadi berbagai negara misalnya : Metode Suggestopedia Lozanov, yaitu metode belajar bahasa jerman yang jika dibandingkan dengan metode membaca dan menulis maka perbandingan waktunya 120 : 360 jam, ini berarti sepertiga kali lebih efektif. Metode Tape-Assisted Reading Program (TARP), merupakan metode belajar membaca cepat. Jika dengan cara biasa perlu 3 tahun untuk mengatasi kesulitan membaca anak SD maka dengan metode ini hanya perlu waktu 3 minggu. Metode Optimal Learning Metode digunakan untuk mengajar Ilmu Kimia oleh Leo Wood yang mempraktekkan teknik-teknik Dr. Ivan Barzakov dan Pamela Rand yang memakai prinsip Lozanov di SMU Tempe di Arizona. Sebelum menggunakan metode baru siswa yang mendapat nilai kimia A,B dan C hanya 52 %, dan setelah mempraktekkan metode baru hasilnya mencapai 93 %.
Berbagai model Revolusi Cara Belajar (Learning Revolution) yang telah diterapkan oleh banyak negara juga ditulis disini misalnya orang dapat belajar dengan baik ketika mereka mau belajar, bukan pada usia yang ditentukan orang lain, dan Game komputer dapat mengubah berbagai aspek dalam belajar.
Jadi tidak ada salahnya dari sekarang buat anda yang ingin meniti karir sebagai tenaga pendidik menyiapkan bekal dan modal. Sama layaknya pebisnis yang ingin melakukan bisnis maka Anda harus memiliki modal. Sebab yang terberat sebagi guru adalah mendidik disamping memiliki kewajiban mengajar.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Agustus 06, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion