Rabu, 16 September 2009

Cara belajar, kunci meraih sukses

Cara belajar, kunci meraih sukses

setelah beberapa hari vakum, hari ini saya coba menulis lagi, tidak merasa bosan untuk berbagi ! meski mungkin blog amatiran seperti ini tidak banyak di kunjungi namun keinginan untuk belajar dan berbagi apa yang telah di dapat membuat saya merasa puas dan lebih bersemangat menjalani hidup.

Beberapa tulisan saya akhir ini memang banyak di sisipi motivasi baik dalam berbisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari. Sebab keadaan dunia yang sekarang ini memang sangat tidak karuan sehingga kita perlu merefresh pikiran kita kembali agar bisa lebih tenang dan siap menghadapi segala persoalan hidup.

Cara belajar, kunci meraih sukses. Saya pikir anda juga setuju bahwa kesuksesan tidak lepas dari yang namanya belajar. Bahkan dari lahir hingga kita meninggal dunia. Sebagian dari kita banyak yang lupa untuk menghargai waktu dan terus belajar. Padahal kita sudah sering dengar "tuntutlah ilmu dari buaian sampai keliang lahat". Menutut ilmu dari dalam buaian hingga maut menjemput, itulah yang haru kita pegang, tidak peduli
what, when, where, who, dan how, yang penting ilmu yang bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain dan dunia akhirat.


Ada 2 hal paradigma dalam belajar yang menurut saya seharusnya kita ubah, yang pertama jangan halangi orang yang ingin belajar dan yang kedua hargai waktu dalam belajar.


Cara belajar bermacam-macam tergantung siapa, dan apa yang di pelajari. Namun saya yakin tidak banyak yang mengetahui definis belajar. Jika menurut
Gagne (1984: ) belajar didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman. Galloway dalam Toeti Soekamto (1992: 27) mengatakan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya (Sumber). Namun secara awam tentu kita tahu belajar adalah proses bagaimana mengubah keadaan dari tidak bisa menjadi bisa.

Kadang kita salah kaprah menyikapi sikap anak kecil yang ingin tahu ini, ingin tahu itu, ingin melakukan ini dan ingin melakukan itu. Sebagai orang yang lebih tua sering dibuat kesal dan marah, atau mengekang mereka untuk tidak melakukan hal ini dan itu. Saya pikir ini sikap yang salah karena dari situlah mereka beljar, dan seharusnya kita sebagai orang yang lebih tua harus mengarahkan dan membimbingnya sehingga di kelak pun dia tidak kehilangan semangat belajar. Karena jarang jika seseorang sudah berumur 80 tahun masih tetap mau belajar. Semoga ktia tidak temasuk orang yang mengahalangi orang lain belajar yang tentunya belajr hal-hal yang baik. Cara belajar dan menghagai waktu belajar akan membuat jalan sukses sesorang lebih terbuka lebar.



baca juga
Motivasi diri yang lain untuk anda
Membangun relasi bisnis online anda


Tetaplah berusaha dan terus bersemangat
Semoga anda menemukan jalan sukses anda

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, September 16, 2009

5 komentar:

arief maulana mengatakan...

belajarlah hingga ke liang kubur...
i think itu salah satu caranya... belajar yuk...

William_Eight mengatakan...

tidak ada batas sampai kapan orang itu akan berhenti belajar..
termasuk albert einstein..
makanya kita sebagai manusia harus "terus belajar"
contohnya andrie wongso si pembelajar =p
nice post..

Rudi mengatakan...

Tulisan sangat bermanfaat dan memberi motivasi bagi kami pemula ...

r mengatakan...

Semoga sukses selalu ...tulisannya sangat memotivasi sekali ..

rudi mengatakan...

Memang kita harus lebih banyak belajar lagi...kalau tidak akan terus tertinggal

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion