Jumat, 04 September 2009

Membangun Relasi Dalam Bisnis Online

Pentingnya Membangun Relasi Dalam Berbisnis Online

Pentingnya membangun relasi dalam bisnis online sudah sering di singgung oleh para "guru", namun tidak ada salahnya saya tulis kembali. Selain untuk mengingatkan kembali, mungkin ada netter (pengguna internet) yang ingin atau tertarik bergabung di dunia internet marketer atau bisnis internet. Jadi tidak ada salahnya untuk di ulas lagi menurut versi saya tentunya.

Membangun relasi dalam bisnis online banyak caranya, dan tidak hanya untuk beberapa bisnis online tetapi berlaku untuk hampir semua bisnis online. Kalau boleh di bilang membangun relasi dalam bisnis online adalah nyawa dari sebuah bisnis online.

Dalam berbisnis di internet, pengunjung web/blog adalah bagian terpenting dalam menentukan keberhasilan kita, karena dari sekian banyak pengunjung tentu ada yang tertarik dan percaya dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Namun bukan berarti pengunjung yang belum tertarik dengan produk kita di abaikan, kita tetap memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berkunjung ke blog atau web kita. Pengahrgaan itu bermacam-macam, bisa berupa panduan gratis, e-book, atau tips-tips sehari-hari buat pembaca setia web/blog. Dengan begitu anda akan mendapat 2 keuntungan, pertama anda akan memiliki pengunjung setia, kedua anda akan memiliki pengunjung yang lebih banyak lagi karena pengunjung yang puas dengan we/blog anda akan bercerita ke teman-teman, atau forum yang dia ikuti.

Cara lainnya untuk menambah relasi anda adalah dengan bergabung di social media. Banyak macam sosial media yang bisa anda ikuti, dan anda bisa berkenalan dan menambah teman disana. Bertukar link blog atau alamat web, sehingga bisa mempererat dan menambah relasi. Intinya semakin banyak relasi, semakin baik buat perkembangan web/blog kita dan tentunya pertanda baik pula buat usaha/bisnis kita. Salah satu manfaat penting dari social media adalah Social media marketing (SMM) yaitu proses mempromosikan situs web atau bisnis internet anda melalui saluran social media. Cara ini sangat ampuh untuk menghasilkan link menuju situs web anda dan traffic yang berlimpah. Tentang cara memanfaatkan social media untuk permebangan bisnis ini salah satunya di bahas oleh salah satu top internet marketer Joko Susilo, MT.

Di samping cara membina hubungan relasi secara oline, anda juga bisa membina hubungan relasi dengan teman-teman terdekat anda dalam berbisnis online. Misalnya teman kantor, teman kampus, ataupun teman seprofesi anda. Caranya bisa ketika anda ngobrol-ngobrol atau dengan memberikan kartu nama dengan mencantumkan alamat web atau blog bisnis anda.

Jadi tidak ada ruginya membangun relasi bukan? selain bisa menambah teman, juga bisa menambah pemasukan dari usaha  anda. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, September 04, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion