Selasa, 08 September 2009

Motivasi Diri

Dalam menjalankan aktifitas kita tentu tidak selamanya berada dalam kondisi "on fire", kadang kita mengalami masa-masa "down" dimana kita perlu kiat-kiat untuk membangkitkan kembali semangat yang mulai pudar. Sebagian orang biasanya bisa memotivasi diri sendiri untuk membangkitkan kembali semangat diri. Tapi tidak sedikit juga yang memerlukan orang atau pihak lain untuk bisa mendongkrak semangat yang kendor.

Orang atau pihak lain itu bisa berupa orang-orang terdekat, sahabat, teman kantor, keluarga, ataupun motivator. Caranyapun bermacam-macam, bisa dengan kata-kata penyemangat, contoh perilaku, cerita penggugah semangat maupun mengikuti training motivasi.

Motivasi diri perlu dikembangkan tidak hanya untuk kepentingan dalam beraktifitas sehari-hari, bisnis, ataupun dalam menjalankan rencana masa depan tetapo lebih dari itu motivasi diri sangat penting untuk menjaga dan membentuk kepribadian yang tangguh sehingga kita akan lebih siap dalam menghadapi situasi yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk memotivasi diri saat kita sedang down?
Anda mungkin memiliki jawaban atau cara sendiri, jika saya boleh berbagi inilah yang akan saya lakukan :

1. Melupakan sejenak masalah yang dihadapi, ini akan menjernihkan pikiran agar keputusan yang di ambil nantinya bisa lebih baik
2. Introspeksi diri dan mencoba memikirkan hal-hal yang menyebabkan kita berada dalam situasi itu, ini penting agar kita tidak mengulang kesalahan yang sama di masa mendatang. Tetapi jangan juga terlalu larut dalam masalah sehingga kita malah akan semakin terpuruk.
3. Orang yang cukup terbuka akan memilih bercerita kepada rekan atau sahabat yang bisa dipercaya, tidak selalu dalam hal ini bercerita untuk meminta saran atau solusi, sebagian melakukan ini untuk mengurangi beban mental.
4. Jika point 1,2,3 dianggap sebagai tahap persiapan, maka tahap keempat ini anda sudah bisa mendongkrak semangat anda agar kembali "on fire". Caranya bisa anda pilih sendiri, akan lebih baik jika bisa mengembalikan semangat diri dengan upaya sendiri misalnya dengan segera menanamkan tekat untuk tidak mudah menyerah, atau dengan menggaungkan kembali prinsip hidup tak mudah putus asa dan sebagainya.
5. Jika dirasa perlu datanglah keorang terdekat dengan kehidupan anda, bisanya mereka memilki nilai lebih dalam menyembuhkan mental yang down, bahkan sakit sekalipun akan lebih cepat sembuh jika ditemani orang yang kita sayangi (menurut sebagian orang) sebab dukungan moril akan banyak mempengaruhi kehidupan kita terlabih dalam keadaan susah.
6. Motivator bisa jadi tempat anda untuk memulihkan semangat anda ke keadaan maksimal. Ikuti training motivasi, atau dengarkan motivator kesayangan misalnya Andre wongso, lewat audio motivasi, membaca cerita atau pengalaman orang lain di blog motivasi dan sebagainya yang dapat membangkitkan semangat anda.
7. kalau semua masih dirasa belum membuat masalah anda benar-benar berhenti membayangi, pilihan lain mungkin anda bisa pergi ke pskiater mintalah bantuan untuk memecahkan persoalan anda.
8. Sharing masalah dengan orang lain untuk menjaga kondisi semangat anda agar tidak drop lagi.

Sekarang anda sudah bisa membayangkan apa yang harus dilakukan jika terjebak dalam situasi "semangat down". Tips diatas hanyalah umpan, karena setiap manusia memiliki pribadi yang unik maka cara mereka memotivasi diripun cenderung memiliki pola sendiri, jadi anda bisa ancang-ancang sekarang.

Dapatkan ide-ide untuk memotivasi diri dalam keseharian maupun tips berbisnis agar tidak stres dari pengalaman dan cerita orang lain sebagai motivator, sebab terkadang kita cenderung menganggap maslah yang kita hadapi sangat berat, padahal jika kita melihat dunia lebih terbuka sesungguhnya masalah yang kita hadapai hanyalah secuil, teramat banyak mereka diluar sana yang memiliki masalah yang jauh lebih rumit dari apa yang kita hadapi

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, September 08, 2009

1 komentar:

Tips Stop Dreaming Start Action mengatakan...

Hidup tanpa motivasi bagai pisau tajam yang ga pernah di asah, salam kenal mas dan salam hangat dari BBM

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion