Sabtu, 23 Januari 2010

Wira Usaha

Breeding Mencit/Tikus Putih dan Tikus Hias

Ide ini sebenarnya muncul sewaktu saya kuliah namun baru terealisasi sekitar dua bulan lalu, pas lagi praktikum menggunakan hewan percobaan tikus putih eh, nyari kesana kemari gak ketemu. Maklum saat itu perkembangan komunitas dan pehobies reptil di Banjarmasin belum begitu marak sehingga masih jarang petshop yang menjual tikus putih, kalaupun ada jumlahnya terbatas dan sering kali sudah habis di borong pemilik reptil khususnya ular. Namun karena di tuntut harus ada, saya dan beberapa teman terus mencari akhirnya kami bisa memperolehnya meski harus menempuh perjalanan keluar kota.

Kali kedua praktikum menggunakan hewan percobaan tikus putih kami benar-benar kebingungan, pasalnya kali ini kami membutuhkan puluhan  ekor tikus putih berbeda dengan sebelumnya yang hanya beberapa ekor. Alhasil dengan segala upaya keras ternyata tetap tidak membuahkan hasil, akhirnya seorang teman menemukan penjual yang bersedia mendatangkan tikus putih dari luar pulau. Ternyata hasilnya pun cukup mengecewakan, selain harga yang berkali-kali lipat dari harga normal, sebagian tikusnya juga mati sebelum sampai ke meja praktikum.

Berlatar belakang pengalaman kurang manis inilah akhirnya saya mencoba menernak tikus di rumah, karena keterbatasan modal dan tempat untuk permulaan saya hanya membeli sekitar 20 ekor indukan (4 jantan dan 16 betina) perbandingan ini lah yang paling pas menurut wacana yang pernah kebaca di internet. Ternyata perkembangannya tidak semulus seperti tutorial yang ada di blog-blog maupun cerita-cerita mereka yang tau atau pernah berternak tikus. Dari sekitar 15 indukan betina hanya ada dua yang beranak, itupun sebagian anaknya tidak sempat tumbuh besar karena keburu di makan oleh induknya sendiri entah karena sifat kanibalisme nya atau mungkin kurang terperhatikan makan/minumnya.

Namun bagaimanapun juga semua sudah terlanjur, kantong sudah di gocek bahkan untuk gaji kali pertama rela berubah menjadi  kandang tikus. Dengan rasa harap-harap cemas, saya menambah 10 ekor lagi  indukan plus 2 ekor mencit hias. Alhamdulillah, kini dari keseluruhan indukan yang ada sudah ada sekitar 50 lebih, beserta jumper dan  pinkies, jika di total  ada kurang lebih sekitar 150 mencit di rumah saya, tidak termasuk Rat..
Pinkies (bayi tikus)



Tikus  putih yang di jual di Petshop



Jumper (tikus muda)



Pinkies hasil indukan mencit putih dan hitam, 1 anaknya berwarna hitam


Rat (Belang hitam-putih)

Bisa menjadi piaraan yang lucu dan menggemaskan

Kini usaha breeding mencit saya sudah memasuki bulan ketiga mudahan-mudahan usaha sampingan ini bisa berhasil, kemaren saya juga membeli 5 ekor rat untuk langkah awal coba breeding, sengaja tidak terlalu banyak karena makannya yang rakus jadi coba beberapa ekor aja dulu.


Bagi teman-teman yang mau memesan mencit/tikus putih (Mus musculus) bisa menghubungi saya tapi untuk saat ini hanya melayani pemesanan tikus putih untuk wilayah Banjarmasin dan sektiarnya.

Jenis tikus yang kami tawarkan
1. Tikus Putih/ Mencit (Mus musculus)
2. Tikus/ Mencit Hias ( Belang hitam-putih, hitam, abu-abu, coklat, hitam-coklat, coklat putih)
3. Rat (Rattus sp)
4. Ratus Hias ( Belang Hitam-putih, Putih-coklat)

Daftar Harga  :

Jenis tikus yang kami tawarkan
1. Tikus Putih/ Mencit (Mus musculus) Dewasa : 10.000 - 12.500,-
2. Tikus Putih/ Mencit (Mus musculus) Jumper  :   7.000 -   8.500,-
3. Tikus/ Mencit Hias   Dewasa                          : 15.000 -17.500,-     
4. Tikus/ Mencit Hias  Jumper                            : 10.000 - 12.500,-
3. Rat (Rattus sp)  Dewasa                                : 17.500.- 20.000,- 
4. Rat Hias (  Hitam-putih, Putih-coklat)             : 25.000,-


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Januari 23, 2010

5 komentar:

OEN-OEN mengatakan...

lumayan juga ya harganya tikus :D

ibnu ch mengatakan...

saya takut kalo liat tikus,tapi kalo liat yang ras hias jdi ingin punya.. . . .

Amina Naurun mengatakan...

masih jualan tikus putihx? trus,di daerah mnax Banjarmasin petshopx?
aq mau pesan tikus putih mencit jumper tp,cm bbrpa ekor alx,buat peliharaan az...

muhammad jumani mengatakan...

Saat ini kami sudah tidak menernak tikus putih lagi, karna sudah pindah tugas. Untuk area Banjarmasin biasanya ada di petshop2 kk misal Prima petshop atau yang lain di seputaran Kampung Melayu atau daerah lainnya

Yusuf Syamsi mengatakan...

aq punya sisa keripik singkong byk....katanya bisa buat pakan ternak tikus ya....call me 085388842555

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion