Kamis, 28 Januari 2010

Membuat halaman statis

Cara Membuar Halaman Statis
Buka email eh dapat kiriman newsletter dari Joko Susilo, infonya sangat menarik yaitu bagaimana membuat page statis atau halaman statis. Kalau saya sering menyamakannya dengan main page entah sama aja atau keliru saya juga belum tahu karenanya saya gunakan saja istilah halaman statis atau page statis. Dalam artikelnya Pak Joko Susilo menggunakan blog dengan bahasa inggris jadi saya coba menulis ulang versi saya (sedikit berbeda) terinspirasi dari newsletter tersebut. Sekalian Saya juga membuat screenshoot sederhana untuk mempermudah anda memahami cara atau langkah-langkah membuat halaman statis atau page statis ini.

Langkah untuk membuat page statis atau halaman statis sebagai berikut :
1. Masuk dulu ke Blogger In Draf



Masukan alamat email dan sandi kemudian klik "masuk"
2. Kamu bisa menseting Blogger in Draft sebagai my default dasbhord jika ingin setiap kali masuk ke blogger.com otomatis masuk ke blogger in Draft, caranya cukup beri tanda centang pada pilihan yang di sediakan.


3. Langkah selanjutnya di halaman Blogger in Draft, klik Posting, lalu pilih Edit laman. untuk memulai membuat halaman statis atau page statis klik Laman Baru. Lihat Screenshoot di bawah ini.


4. Sekarang anda siap berkreasi membuat halaman statis atau page statis semenarik dan seindah mungkin sesuai selera anda.Beri judul pada "judul laman", dan tulis atau isi posting untuk membuat page statis anda, pilihan menu bisa anda gunakan misalnya warna font, warna background. link, rata kiri, rata tengah, rata kiri kanan, undo, ukuran font dsb. Anda bisa menyesuaikan halaman statis ini sesuai keperluan misalnya untuk info produk, ruang download, atau info contact.

7. Jika sudah selesai klik tayangkan laman (publish)




8. Untuk mengatur posisi page statis atau halaman statis, masuk ke Tata Letak (layout) kemudian pilih page element atau "elemen laman".

9. Saat membuat page statis pertama kali maka anda harus menambahkan "gadget" dulu degan cara klik tambag gadget atau "add a gadget" pilih "page".

Kemudian atur Page (laman) tersebut. Seperti gambar screenshoot di bawah ini.

Jika sudah klik simpan atau save. Terakhir seret atau tarik gadget yang baru anda atur tadi ke bagian posting bisa di bagian atas atau bagian bawah postingan sesuai yang anda inginkan. Lalu klik simpan (simpan perubahan blog) dan lihat blog anda.




Mau mencoba...?
Silahkan berikan komentar dan tanggapan anda tentang postingan ini di kolom komentar.
Jangan lupa untuk memberikan dukungan pada Blog ini ya !! Semangat Luar biasa untuk Anda.




ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Januari 28, 2010

4 komentar:

asep-bogor mengatakan...

Waaah dapet ilmu baru nieh...thanks yah sob atas infona.

arkum mengatakan...

Ini sy butuhkan utk membuat blog baru basic blogspot. Alhamdulillah dapat ilmu lagi. Trims ms

acacicu mengatakan...

Permisi mau numpang tanya. Kira2 di laman tambahan blogger ini, bisa ditambah dengan kolom komentar apa nggak ya? makasih sebelumnya;

acacicu mengatakan...

Ohya, maap ada yang lupa. Salam kenal dan salam hangat dari saya di kota kecil Jember..

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion