Minggu, 31 Januari 2010

Plasma Nuftah Anggrek

Anggrek memang memliki daya tarik tersendiri dan umumnya mampu memikat hampir seluruh pecinta tanaman hias. Bangsa Indonesia seharunya boleh berbangga hati karena hutan yang terhampar di seluruh wilayah nusantara menyimpan spesies anggrek alam  yang berlimpah. Sungguh sangat  di sayangkan jika anggrek-anggrek ini harus lenyap bersama lenyapnya hutan akibat pertambangan dan aktivitas manusia lainnya.

Sebagai salah satu  puspa pesona (anggrek Bulan) bersama Melati dan Rafflesia, anggrek mestinya lebih di kenal dan dihargai serta bisa di jaga kelestariannya bersama-sama. Sebab selain keindahan bentuk, beragam warna, dan bibir bunga yang indah, anggrek adalah salah satu plasma nuftah yang harus di jaga kelestariannya jangan sampai hilang. Perlindungan tidak hanya dari musuh alaminya berupa parasit dan jamur tetapi terutama sekali oleh aktifitas alam seperti gempa, gunung meletus, banjir dan terutama oleh kelalaian manusia. Kebakaran dan pembukaan lahan untuk berbagai kepentingan adalah salah satu ancaman terbesar keberadaan anggrek.

Bagaimana upaya untuk melestarikan anggrek ?. Peran serta pemerintah, instansi terkait, hobies dan masyarakat sangat di perlukan. Pemerintah dan kebijakannya seharusnya bisa membatasi dan mengatur tentang pengelolaan sumber daya alam termasuk di dalamnya perambahan hutan, pengambilan bahan tambang, dan aktifitas lainnya. Instansi terkait dalam hal ini misalnya kehutanan dan pertanian bisa lebih respek dan sigap dalam menanggapi isu-isu yang beredar di masyarakat. Keberadaan PAI  (Perhimpunan Anggrek Indonesia) terut memberikan sumbangsih yang amat besar bagi dunia peranggrekan indonesia.

Peran serta masyarakat dan hobies  juga sangat berarti misalnya yang di lakukan oleh Bapak Ferry bersama Taman Anggrek Alamnya dalam mengembangkan spesies anggrek alam sehingga keberadaanya bisa di nikmati oleh masyarakaat pecinta anggrek tanpa harus pergi kehabitat aslinya.


Kunjungi web kami lainnya
Tips, info dan cheat travian
Blog Pelajar
Tempat beriklan baris gratis tanpa daftar

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Januari 31, 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion