Rabu, 17 Maret 2010

Sejarah Singkat Thomas Alva Edison (bagian II)

Cerita bagian pertama baca disini !

Edison berhenti mengelola pabrik-pabrik yang memproduksi penemuan-penemuannya dan mendirikan laboratorium penemuannya yang pertama. Ia menggaji beberapa orang asisten untuk membantu mengembangkan ide-ide suatu yang bisa di jual. Penemuan mereka yang pertama adalah penyempurnaan pada sistem telepon Alexander Graham Bell. Ia juga menemukan mikrofon. Penemuan-penemuan ini membuat Edison harus berjuang keras guna memperoleh hak untuk mengambil keuntungan dari hasil penemuan Bell.

Pada tahun 1977 Thomas Alva Edison menampilkan penemuannya yang membuatnya sangat terkenal dan juga penemuan yang paling di senanginya. Penemuan itu adalah alat perekam yang di sebutnya "Phonograph". Alat ini menggunakan suatu silinder di bungkus kertas timah, di putar dengan tangan sementara sepucuk jarum mengikuti jalur yang ada pada silinder tersebut. Rekaman pertama yang di buatnya adalah suaranya sendiri membacakan sajak anak-anak " Mari punya anak domba". Seperti biasanya Edison selalu menuliskan suatu daftar kegunaan mesin perekam tadi sebelum membuatnya. Salah satu di antaranya adalah penggunaan alat perekam untuk keperluan perkantoran. Tapi ia tidak menuliskan satu bidang yang kemudian menjadi bidang usaha penghasil berjut-juta dollar (industri perekam musik). Penyempurnaan segera di lakukan pada phonograph itu oleh beberapa orang. Perusahaan phonograph tumbuh dimana-mana dengan mengikuti undang-undang penggunaan hak paten yang ada. Jalur pada silinder perekam di cetak  hingga tinggi rendah jejak  jarum pada jalur tadi bisa menimbulkan suara dengan "lembah dan bukit". Kelak Emil Bliner juga mengembangkan suatu mesin yang di sebutnya "gramofo" yang mencetak jalur suara di suatu piringan datar denganc ara zig zag, jadi jejak suara itu tidak naik turun tetapi kekiri dan kekanan. Sistem Berlinder itulah yang kemudian diterima di seluruh dunia. Tapi sampai sekarang piringan hitam di Eropa disebut "gramofon" dan di Amerika disebut "phonograph".

Pada tahun 1878, sambil coba-coba Edison mulai menyelidiki pengembangan lampu pijar. Ribuan percobaan yang di buatnya sebelum akhirnya mencapai hasil dengan menggunakan arang dari benang katun yang di taruh di dalam tempat hampa udara hingga tidak terbakar habis. Arang benang  tadi mengeluarkan nyala pijar yang terang. Para asisten edison kemudian merencanakan prinsip  dari pembangkit listrik dan pembagiannya kerumah-rumah  hingga jaringan penerangan rumah  bisa di lakukan secara praktis. Stasiun pembangkit listrik yang  pertama di buka di Jalan Pearl, New York tahun 1882. Edison menggunakan sistem arus searah. Salah seorang asistennya Tesla mengembangkan sistem dengan arus bolak-balik dan menjualnya ke perusahaan saingannya Westing House yang kemudian menguasai pasaran. Perusahaan listrik Edison akhirnya juga bertambah besar setelah bergabung dengan perusahaan-perusahaan lain serta membentuk perusahaan " General Electric".Thomas Alva Edison membuat salah satu penemuan  yang benar-benar bernilai ilmiah saat menyelidiki pengembangan lampu pijar."prinsip katup thermionic atau tabung hampa. Sayangnya saat itu belum nampak kegunaan praktis dari penemuan tersebut. Baru nanti pada tahun 1900, Fleeming menemukan dan mengembangkan kegunaannya dalam telegraf tanpa kabel.

Tahun 1887, Edison pindah ke laboratorium yang lebih besar West Orange, New Jersey. Penemuan Edison berikutnya adalah kamera film  tahun 1889, kemudian ia mendirikan studio  untuk membuat film dengan sistem pertunjukan intip. Sekali lagi kegunaan  penemuan tadi sebagai alat hiburan tidak menarik perhatian Edison. Kemudian perkembangan perfileman ini  di tinggalkan dan di teruskan oleh orang lain. Ia bahkan tidak meminta hak paten bagi pembuatan kamera gambar hidup di luar Amerika Serikat. Karenanya terjadi banyak kesulitan ketika mesin-mesin impor mulai berdatangan.

Pribadi Edison sangat komplek dan cerita tentang dirinya semasa  Ia hidup tak terhitung banyaknya. Tahun 1896 Henry Ford minta pada Edison agar memberi beberapa petunjuk. Edison mengatakan padanya bahwa menurut pendapatnya mesin dengan pembakaran  dalam sangat cocok untuk di jadikan sumber tenaga bagi kereta yang tidak di tarik kuda.  Berdasarkan ini Ford mengembangkan industri permobilan dan sepanjang hidupnya Ia memuja Edison sebagai dewa, Ford kelak memugar laboratorium Edison di salah satu tanahnya di Michigan. Pada tahun 1912 sesungguhnya Edison akan menerima Hadiah Nobel. Tetapi hadiah nobel untuk pembankitan dan penyebaran tenaga listrik itu harus di terimanya bersama asistennya, Tesla. Permusuhan antara kedua orang itu begitu besar sehingga Tesla tidak sudi namanya di hubungkan dengan Edison dan keduanya tidak jadi menerima hadiah nobel tersebut.  Berbagai penemuan terus munculkan hingga kematian edison ditahun 1931.
Sekian sejarah singkat Thomas Alva Edison salah satu penemu penting bagi umat manusia.


Kunjungi web kami lainnya
Informasi Anggrek Indonesia



ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Maret 17, 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion