Jumat, 02 April 2010

Robert Hooke

 Profil Penemu Paling Berjasa Bagi Umat Manusia
Bulan April
Robert Hooke
Ilmuan yang satu ini di kenal sebagai ilmuan paling luwes di jamannya. Ia di kenang karena jasa-jasanya di bidang fisika, mekanika dan mikroskopik. Tempat kelahirannya adalah di Pulau Weight, ayahnya seorang pendeta.Sebelum sekolah di westminster Ia pernah magang sebagai pelukis. Di Oxford ia bertemu dengan sekelompok ilmuan dan menjadi asisten salah satu ilmuan yaitu Robert Boyle. Di sinilah Dia memperbaiki cara kerja sebuah pompa udara, dan mulai bekerja merancangkan jam yang menggunakan per dan bukannya ayunan. Ini merupakan sebuah langkah besar dalam penemuan kronometer kedepannya. Sebuah jam kasar tetapi selalu tepat dan berguna untuk menentukan kedudukan garis lintang sebuah kapal di laut. Robert Hooke memang berbakat untuk membuat peralatan dan serta melakukan percobaan yang sukses.

Hooke terpilih sebagai kepala bagian percobaan ketika beberapa rekannya di Oxford  membentuk Royal Society  di tahun 1662. Tugasnya adalah mengusulkan beberapa macam percobaan  untuk di ajukan pada pertemuan  mingguan kelompok itu. Pada tahun 1665 Ia menjadi profesor ilmu ukur di Gersham College di London. Di sinilah Hooke tinggal hingga akhir hidupnya.

Penerbitannya yang paling terkenal berjudul Micrographia  pada tahun 1665. Buku ini berisi berbagai pengamatan mikroskopisnya, terkenal karena lukisannya yang indah-indah. Di sinilah rekan ilmuan Hooke bisa melihat untuk pertama kalinya misalnya susunan tubuh seekor lalat hijau atau lalat biasa, atau susunan mata majemuk seekor lalat. Banyak yang tergugah perhatiannya terhadap pemandangan yang baru di dunia ini, tapi lebih banyak lagi yang menuduh Robert Hooke sinting karena mempelajari sesuatu hal yang tidak perlu misalnya mempelajari kutu orang dan kutu anjing.
(Bersambung.....)


Kunjungi web kami lainnya
Informasi Anggrek Indonesia


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, April 02, 2010

1 komentar:

Sekolah Kampus mengatakan...

Posting yang menarik. Jika boleh, ijinkan kami mengutipnya. Tksh banyak

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion