Sabtu, 18 Juni 2011

Hewan Peliharaan

Jalan-jalan bersama ular

Wah sudah hampir 7 bulan blog ini vakum, punya banyak "klenengan" memang ribet, ada aja yang lupa di urusin. Untungnya "istri tua" ini sabaran dan gak ngambek hehe...!. Btw sekedar melawan rasa malas posting kali ini topik kita adalah tentang memelihara hewan. Sebab akhir-akhir ini kayaknya tren memelihara hewan kembali marak. Beragam hewan bisa menjadi peliharaan yang bisa menghibur, pengobat stres dan kegiatan positif dalam mengisi waktu luang. Tak jarang kebiasaan yang kerap menuntut kesabaran ini bisa berbuah manis karena selain fungsi entertain nya, kegiatan ini bisa jadi penghasilan sampingan lho, gak percaya? percaya aja deh hehe...
Tikus Rat
Hewan-hewan peliharaan yang umum antara lain berbagai jenis burung, ikan, kelinci, hamster, kucing, anjing, dll. Namun jangan heran jika anda melihat orang yang sedang jalan-jalan dengan ular, musang, atau buaya, karena saat ini banyak penggemar atau asosiasi pecinta binatang yang tergolong ekstrim misalnya pecinta reptil, pecinta elang, laba-laba dll. Mereka-mereka yang punya peliharaan ekstrim seperti kalajengking, ular, buaya, kura-kura, laba-laba dan sebagainya biasanya sudah paham betul bagaimana menangani hewan-hewan tersebut dan untuk anda yang pemula sangat tidak di anjurkan memelihara hewan-hewan tersebut.
Kura Brazil

Nah, sebelum berbicara lebih jauh mending kita tinjau dulu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memelihara binatang atau hewan peliharaan.
  1. Biaya perawatan, perlu disadari bahwa biaya perawatan atau pemeliharaan binatang dapat berpuluh-puluh kali lipat bahkan lebih dari harga anda membelinya... sebagai contoh anda memelihara tikus hias atau tikus jepang, satu ekor dalam sehari dapat menghabiskan makanan sebanyak 15-20gr/hari, belum termasuk vitamin dan sayur sebagai pelengkapnya. Hewan pasti pernah sakit, berapa biaya untuk kedokter hewan, vaksinasi, kandang, alas kandang, dan lain sebagainya.
  2. Kebersihan dan bebas penyakit, beberapa hewan terutama seperti kelinci, hamster, tikus dan beberapa hewaan lainnya adalah pembawa parasit sehingga perlu diperhatikan bahwa hewan yang anda pelihara bebas dari parasit dan penyakit
  3. Karakteristik hewan, pehobi tentunya tidak semuanya dapat memberikan waktu yang cukup mengurusi hewan peliharaan, sebaiknya sebelum memutuskan, pilihlah hewan sesuai akitfitas anda. Jika anda cukup sibuk pilihlah hewan yang pemeliharaanya tidak begitu ribet, sebagai contoh ular, cukup makan seminggu atau satu bulan sekali dan membersihkan kandang beberapa kali sebulan, selain itu juga jarang sakit.
  4. Jika anak anda punya pelihraan, mintalah anak untuk memberi sendiri makan dan minum binatang kesayangannya. Tegaskan bahwa itulah konsekuensi jika ingin memelihara binatang.
  5. Awasi dan jaga hewan peliharaan anda jangan sampai mengganggu tetangga atau lingkungan sekitar.
  6. Punya masukan lain? silahkan berkomentar... !



ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, Juni 18, 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion