Rabu, 20 Juli 2011

Hati-hati alergi serbuk sari Akasia

================================== BannerFans.com ImageChef Custom Images ================================

Bunga Akasia
 Bagi anda yang bernaung atau melintasi jalan-jalan yang banyak pohon Akasia sebainya lebih hati-hati. Karena serbuk sari  Akasia berpotensi sebagai sumber allergen (penyebab alergi) untuk bahan uji tusuk kulit. Uji tusuk kulit adalah uji klinis untuk mengetahui sensitivitas seseorang terhadap allergen tertentu. Uji tusuk dilakukan di lengan bawah bagian dalam orang yang memiliki riwayat alergi maupun tidak. Bila terdapat bentol-bentol berukuran tiga millimeter atau lebih pada lengan bawah dalam, maka bahan allergen tersebut positif berpotensi menimbulkan alergi. Dengan catatan, bahan kontrol menunjukkan reaksi negatif.

Serbuk sari akasia berpotensi menimbulkan alergi pada semua orang,'' ujar Mahasiswa S3 Program Studi Biologi Institut Pertanian Bogor (IPB), Iris Rengganis saat membacakan disertasinya bertajuk 'Kealergenikan Serbuk Sari Indonesia pada Manusia', Jumat (10/7), di Kampus IPB Darmaga, Bogor.  

Penelitian tentang kealergenikan serbuk sari di Indonesia masih terbilang baru. Iris melakukan penelitian tersebut dalam rentang waktu Maret 2005 hingga Mei 2008. Penangkapan serbuk sari dilakukan di beberapa lokasi antara lain Darmaga Bogor, Lebak Bulus Cilandak, Ragunan Pasar Minggu, dan Ciganjur serta Jagakarsa di Jakarta Selatan

''Salah satu bentuk alergi adalah alergi pernafasan rinitis alergi dan asma bronkial,'' jelas Iris di depan Komisi Penguji yang terdiri dari Prof Alex Hartana, Prof Edi Guhardja, Prof Mien ARifai, Prof Samsuridjal Djauzi, dan Dr Sri Budiarti. 

Menurut Iris dengan temuan sifat alergenik serbuk sari akasia ini, Dinas Pertamanan dan Tata Kota perlu mempertimbangkan akasia sebagai pohon penghijauan dan peneduh jalan. ''Jika memungkinkan pohon akasia perlu diganti dengan pohon lain yang indah dan aman bagi kesehatan,'' tandasnya.

Hal ini juga seharusnya menjadi perhatian bagi para pedagang yang berjualan di bawah naungan pohon akasia, mungkin tidak terlalu menjadi masalah ketika tidak musim berbunga, tapi kalau sudah musim anda sebaiknya waspada !. (mj) 
Sumber : Suara Kita

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Juli 20, 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion