Rabu, 12 Oktober 2011

Beberapa Jenis Lalat dan Deskripsinya

Lalat dan nyamuk merupakan dua jenis serangga yang termasuk kedalam ordo Diptera namun berbeda subordo. Menurut wikipedia lalat berasal dari subordo Cyclorrapha sedangkan nyamuk dari subordo Nematocera. Ordo diptera memiliki ciri-ciri sebagai berikut ; memiliki dua sayap (sepasang), membraneus, sayap belakang mereduksi menjadi halteres fungsinya untuk menjaga keseimbangan saat terbang.  Memiliki tubuh relatif lunak, antenna pendek, dan mata majemuk besar serta mengalami metamorfosis sempurna.
jenis-jenis lalat, gambar lalat buah, morfologi lalat
Lalat Tsetze
Sumber foto : Wikipedia

Lalat sering hidup di antara manusia dan sebagian jenis dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit yang sangat serius karena setiap lalat hinggap di suatu tempat, kurang lebih 125.000 kuman yang jatuh ke tempat tersebut (sumber: wikipedia).

Beberapa jenis lalat dan deskripsinya antara lain sebagai berikut :
1. Lalat Kerdil ( Famili Chironomidae)
Memiliki ukuran tubuh yang kecil bahkan sangat kecil, kadang-kadang mirip seperti nyamuk. Sayap tidak memiliki sisik-sisik dan proboscis yang panjang. Kaki depan agak panjang, antenna jantan sangat berbulu.

Ditemukan hampir disemua tempat, larva lalat ini sebagian besar bersifat aquatik, beberapa terdapat pada bahan-bahan yang mulai membusuk, dibawah kayu atau tanah yang lembab. Umumnya lalat kerdil bersifat pemakan bangkai.

2. Lalat Hitam (Famili Simuliidae)
Ciri-ciri Lalat hitam memiliki tubuh yang kecil sekitar 4 mm bahkan kurang. Memiliki antenna yang pendek dan tidak terdapat ocelli. Punggungnya bongkok seperti tongkat, sayapnya lebar, dan costa berakhir sangat dekat dengan ujung sayap. Umumnya lalat jenis ini berwarna abu-abu kehitaman.

Tergolong memiliki penyebaran yang luas, larvanya sering ditemukan disekitar aliran air.  Lalat Hitam betina adalah pengisap darah yang sering kali bersifat sebagai vektor penyakit.

3. Lalat Maret (Famili Bibionidae)
Lalat ini memiliki ukuran yang kecil hingga sedang. Tubuhnya relatif kokoh, warnanya dominan hitam, sebagian Lalat Maret memiliki thorax berwarna merah atau kuning. Ocelli terdapat pada bonggol yang terletak di antara mata majemuk. Costa berakhir sebelum ujung sayap, dan tibia dengan apikal spur.

Banyak terdapat pada bunga-bungaan. Larva memakan akar dan merusak tanaman. Sesuai namanya Lalat Maret banyak melimpah di bulan Maret.

4. Lalat Lentera ( Famili Stratiomyidae)
Ciri-ciri Lalat ini tubuhnya berukuran sedang sampai besar. Kadang-kadang nampak seperti lebah. Ruas antenna ke 3 membulat, tanpa stylus atau arista. Abdomen kuat dan tegap, beberapa melebar namun ada pula yang memanjang. Umumnya memiliki warna gelap.

Lalat dewasa sering di temukan di bunga-bungaan, larva yang hidup aquatik memakan ganggang, bahan lapuk dan serangga air yang lebih kecil. Sebagian larva hidup di bawah kayu.

5. Lalat Buah ( Famili Drosophilidae)
ciri-ciri lalat buah
Kepala Lalat Buah (Drosophila)
Ciri-ciri : Ukuran tubuh kecil kurang lebih 3-4 mm. Memiliki warna kekuningan atau kecoklatan. Bagian dekat mulut terdapat bulu-bulu.Sub costa berakhir pada costa, aristanya plumose.

Sering di temukan di kebun di dekat buah yang membusuk, atau rumah yang menyimpan buah-buahan di tempat terbuka. Larva hidup di dalam buah-buahan yang membusuk dan jamur yang tumbuh disekitarnya. Sebagian kecil bersifat ektoparasit pada ulat, pada tahap larva seringkali bersifat predator terhadap kutu dan  homoptera kecil. Seringkali di gunakan dalam kegiatan praktek atau studi genetika.

6. Lalat Rumah (Famili Muscidae)
Lalat rumah berukuran kecil hingga sedang, biasanya pada bagian bawah scutellumnya tanpa rambut-rambut lurus. Rambut-rambut sternopleural umumnya lebih dari satu. Proboscis pendek dan berdaging, lalat ini tidak menggigit.

Dapat di jumpai hampir disemua tempat terutama pada kawasan yang kurang terjaga kebersihannya. Sebagian berperan sebagai hama, ada juga yang berperan sebagai vektor penyakit. 

7. Lalat Rumput (Famili Anthomyzidae)
Merupakan famili lalat dengan ukuran tubuh kecil, bentuk tubuh terkadang memanjang. Sepasang rambut-rambut terakhir pada bagian muka menghadap kedepan.

Seperti namanya Lalat rumput sering di jumpai di rumput-rumput dan tanaman rendah atau padang rumput. Larva hidup di dalam rerumputan atau gulma lainnya.

8. Lalat Kuda (Famili Tabanidae)
Berukuran sedang hingga besar, umumnya memiliki ukuran sedikit lebih besar dari pada lalat rumah. Tubuhnya relatif kokoh, dengan warna hitam, abu-abu atau kecoklatan, terkadang ada spot hitam pada bagian sayap. Mata berwarna mengkilap, tersi dengan 3 telapak kaki.


Lalat dewasa meletakan telur di permukaan daun atau tempat-tempat yang berada di atas permukaan air. Larvanya bersifat akuatik sedangkan dewasa sering terdapat pada bunga-bungaan untuk mengisap nektar. Lalat Kuda betina mengisap darah yang merugikan bagi manusia, kuda atau kijang, terkadang juga bersifat sebagai vektor penyakit.

Untuk sementara itu dulu, masih ada banyak jenis lalat dari famili yang berbeda-beda. Kebanyakan lalat bersifat merugikan baik secara langsung terhadap manusia maupun hewan ternak, sebagian lagi bersifat sebagai vektor atau pembawa organisme penyebab penyakit. Tentu masih ingat Lalat Tsetze dari Afrika yang merupakan vektor penyakit Tsetse merupakan vektor penyakit trypanosomiasis, yang menyerang manusia dan binatang ternak. Lalat ini pernah menjadi sorotan oleh dunia.

Berbagi artikel ini dengan teman-teman di Facebook klik Share

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Oktober 12, 2011

10 komentar:

MediaQta mengatakan...

makasih Sob atas informasinya...good articel.

mas arya mengatakan...

wow,, makasih infonya

BlogS of Hariyanto mengatakan...

banyak juga ya jenis lalat-nya :)

safrudin mengatakan...

Ternyata lalat banyak jenisnya yach? untuk lalat buah serem juga bentuknya

Penerbit mengatakan...

WaaaWWWWWW !!, kelihatan banget admin blog ni spesialis banget dlm masalah lingkungan

bisnis online mengatakan...

banyak juga jenis lalat

Anonim mengatakan...

saya baru tahu smua ini
thanks:D

Obat Herbal Kanker Darah mengatakan...

makasih informasinya,,,

Ilham Muchaimin mengatakan...

Gan kalau Lalat jenis yang matanya hijau baru kulit nya coklat itu jenis apa ya?

muhammad jumani mengatakan...

Kalau ada fotonya mungkin bisa dibantu cariin namanya..

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion