Jumat, 11 November 2011

Tipe Buah Kotak

Buah kotak adalah buah kering sejati tunggal yang memiliki banyak biji, terdiri atas satu atau  beberapa daun buah. Jika buah ini masak maka akan pecah dengan kulit buah akan tetap melekat pada tangkai buah. Mempelajari buah kotak adalah salah satu tuntutan dalam mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Buah Kotak dapat di bedakan atas :

Buah Bumbung (folliculus), buah yang tersusun atas sehelai daun buah, hanya memiliki satu ruang dengan banyak biji di dalamnya, sangat jarang hanya memiliki satu biji. Buah akan pecah jika masak. Contoh Bunga Sari Cina atau Catharanthus roseus G. Don
Contoh Tumbuhan dengan tipe Buah Bumbung


Buah Polong (ligumen), juga terbentuk dari satu daun buah yang memiliki satu ruangan atau lebih (memiliki sekat-sekat semu). Buah seperti ini terdapat pada tumbuhan suku polong-polongan atau Papilionaceae misalnya Orok-orok atau Crotalaria sp

Buah  Lobak atau Polong Semu (siliqua), buah ini tersusun atas dua daun buah, mempunyai satu ruangan dengan dua tembuni pada perlekatan daun buahnya. Buah ini membentuk sekat semu, sehingga dua tembuni pada perlekatan  daun buah terpisah oleh sekat semu tersebut. Dengan adanya sekat semu tersebut buah juga memiliki dua ruangan dengan masing-masing dua tembuni. Contohnya adalah Lobak atau Raphanus sativus L.

Buah Kotak Sejati (capsula), buah ini terjadi dari dua daun buah atau lebih, dan memiliki ruangan yang jumlahnya sama dengan banyaknya jumlah daun buah. Jika masak buah juga akan membuka sehingga biji dapat keluar. Cara membuka buah ini bermacam-macam antara lain :
1. Dengan katup-katup atau Kelep (valva)
2. Dengan retak-retak atau celah-celah (rima)
3. Dengan gigi-gigi (dens)
4. Dengan liang (porus)
5. Dengan tutup (operculum)

Berbagi artikel ini dengan teman-teman di Facebook klik Share

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, November 11, 2011

1 komentar:

Tukang Pos mengatakan...

Kalau buah yang terbuat dari kelopak bunga seperti Apel itu namanya apa ya? Saya lupa hehe...

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion