Kamis, 01 Desember 2011

Blogger Banua Go Green | Mimpi Menghijaukan Banua


Blogger Banua Go Green, begitulah kira-kira yang saya lontarkan saat di tanya tema untuk kegiatan Blogger Banua Tanam 1000 pohon. Sayangnya Blogger Banua Go Green ini masih dalam bentuk sebuah rencana atau lebih tepatnya usulan karena belum mendapat dukungan paling tidak separuh dari anggota komunitas ini. Meski demikian saya sebagai salah satu new member di komunitas blogger banua berharap usulan ini bisa di respon positif oleh rekan-rekan mengingat kegiatan semacam ini tidak hanya bisa menjadi moment untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota tetapi juga sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan.
Menghijaukan kembali bumi adalah tugas yang berat namun
dengan tekad yang kuat dan peran serta semua pihak semua
bisa  menjadi mungkin.

Kegiatan penanaman  seperti ini tentunya memang bukan hal baru, namun jika dibanding jumlah kerusakan dan laju kepunahan hutan tentulah kegiatan semacam ini terbilang sangat tidak seimbang. Adalah "mutlak" tidak mungkin jika hanya mengandalkan pemerintah atau instansi terkait saja untuk "menghijaukan banua" tanpa peran serta semua lapisan masyarakat termasuk blogger.
Fungsi dan Peranan Hutan Sangat Penting Untuk Kehidupan

Setiap menit, setiap detik ada ratusan pohon yang tumbang akibat kegiatan konservasi lahan ataupun pembalakan liar, sedangkan kegiatan penanaman bisa di hitung dengan jari, itupun jumlah yang hidup mungkin hanya beberapa persen saja dari jumlah keseluruhan yang di tanam. 

Hutan yang sudah "gundul" perlu di Reboisasi
Tentunya mengenai fungsi pepohonan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya tidak perlu di tanya. Semua sudah hafal dan tau betul bahwa pohon-pohon adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tempat melekatnya anggrek-anggrek cantik, rumah bagi satwa-satawa yang unik dan penyuplai oksigen yang tiada henti. Bayangkan jika tidak ada pepohonan, banjir dan longsor hanyalah sebagian kecil "jeritan"nya. Jika rintihannya kita biarkan maka bersiap-siaplah menerima "ancaman dari atas", harus rela menghirup udara kotor, dan terimalah cacian dari anak cucu kita kelak karena kita tidak mampu menjaga titipan mereka.

Blogger Banua Go Green hanyalah sebuah bentuk perwakilan apresiasi "Menghijaukan Banua", sesungguhnya jikapun terlaksana tentu tidak akan banyak turut andil bagian mengembalikan hutan kita yang telah raib, namun semoga saja jika kegiatan ini terlaksana dapat memberikan inspirasi bagi warga banua khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya untuk lebih bersemangat menghijaukan bumi yang bisa di awali dengan menghijaukan lingkungan sekitar. Salam Goo Green !!!

Baca Juga : Tips Kesehatan Rambut 

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Desember 01, 2011

3 komentar:

Miftah Farid mengatakan...

Lun Umpat bang,, malam tadi taguring jadi kada tau dikisahnya lun :)

Uzanks Al Ghifari mengatakan...

wah, dukung banget sama idenya om jumani neh, mumpun dimuka rumah masih tdk ada pohonnya neh..

@ayead: apa seh kesahnya neh yead? kada tau jua kesahnya nah..

jaka mengatakan...

makasih gan infonya dan salam sukses

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion