Kamis, 27 September 2012

Capung Jarum

Capung Jarum adalah salah satu kelompok serangga yang banyak di jadikan objek foto khususnya penghobi foto makro. Karena capung jarum memiliki bentuk yang kecil dan terkadang memiliki warna yang variatif maka objek ini sering kali menghasilkan karya-karya yang anggun. Capung Jarum tergolong subordo Zygoptera berbeda dengan capung biasa yang tergolong subordo Anisoptera.

Capung Jarum

Capung Jarum sering terlihat di sekitar pemukiman manusia, sawah, kebun, ataupun hutan dan padang rumput. Karena tubuhnya yang kecil maka dia kerap terbang rendah dan mencari mangsa di sesela rerumputan. Capung ini memangsa serangga-serangga yang lebih kecil dan tidak pernah dianggap sebagai hama oleh petani.

Dalam siklus hidupnya, sebagian besar di habiskan dalam bentuk nimfa berada di bawah permukaan air dan bernafas dengan insang internal. Selama dalam bentuk nimfa ia akan memangsa hewan lain (Karnivora) bahkan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya seperti berudu dan ikan kecil.

Adapun predator capung jarum cukup banyak misalnya, burung pemakan serangga, kadal, serangga lain yang lebih besar, bahkan ikan.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, September 27, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion