Senin, 17 September 2012

Ekosistem Kebun

Ekosistem Kebun termasuk ekosistem buatan, ekosistem berasal dari kata "ekos" yang artinya lingkungan atau rumah, sedangkan kata "sistem" berarti keterkaitan antara unsur yang satu dengan yang lainnya. Secara ringkas Ekosistem dapat di artikan sebagai tempat berinteraksi antara unsur-unsur biotik dan abiotik. Unsur Biotik (makhluk hidup) contohnya manusia, hewan, tumbuhan) sedangkan unsur Abiotik antara lain tanah, sinar matahari, air, udara dan sebagainya.
Contoh Ekosistem Kebun
Ekosistem kebun biasanya perlu perhatian agar terjaga keseimbangannya karena jika mengalami ketimpangan dapat menyebabkan peledakan suatu populasi yang dapat merugikan manusia, sebagai contoh jika peledakan populasi belalang maka dapat menjadi ancaman bagi petani. Karena belalang bisa menjadi hama yang dapat merusak tanaman kebun yang berimbas kepada menurunya penghasilan petani.
Kupu-kupu dapat membantu penyerbukan
Penggunaan pestisida hendaknya di kurangi karena selain tidak ramah lingkungan, penggunaan pestisida juga dapat mengakibatkan ketidak seimbangan populasi makhluk hidup yang ada di dalam sebuah ekosistem. Misalnya saja penyemprotan hama tanaman, seringkali tidak hanya serangga merugikan yang mati tetapi juga serangga-serangga yang menguntungkan. Maka dari itu hendaknya jika menggunakan pestisida di lakukan dengan bijaksana.
laba-laba adalah predator alami serangga terbang
Pengendalian hama yang ramah lingkungan dapat menjaga keseimbangan ekosistem tetap terjaga, misalnya dengan menggunakan biopestisida yang ramah lingkungan atau melakukan pengendalian hama secara biologi yaitu dengan menempatkan hewan predator sebagai contoh menempatkan kucing atau ular sawah sebagai predator tikus.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Senin, September 17, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion