Sabtu, 29 September 2012

Sepuluh Ikan Dengan Nama Unik Di Dunia

Ikan atau fish adalah makhluk air yang memiliki nilai penting bagi manusia terutama sebagai sumber protein. Meski beberapa ikan seperti ikan hiu menjadi momok bagi para peselancar dan para wisatawan pantai namun sebaiknya manusia mengetahui bahwa penyerangan-penyerangan ikan terhadap manusia hanyalah sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri mereka. Taukah anda bahwa nama-nama ikan di dunia beraneka ragam bahkan sebagaian besar dari mereka tidak memiliki sebutan umum selain nama ilmiah yang diberikan. Berikut sepuluh ikan dengan nama unik versi Blog mjumani :
    Ikan Wanita Penyihir  foto : byugly-animals
1. Ikan Wanita Penyihir (Myxinidae) merupakan ikan laut yang menyerupai belut dan merupakan salah satu dari dua famili ikan tidak berahang yang masih hidup. Habitatnya adalah lautan beriklim dingin dengan kedalaman 20-650m. Pada beberapa spesies memiliki mata yang belum sempurna dan hanya mempu membedakan gelap dan terang saja. Keunikan lain ikan ini adalah kemampuannya menghasilkan bahan berlendir dengan jumlah yang sangat banyak bahkan jika seekor ikan ini di letakan dalam ember berisi air penuh maka dalam hitungan detik semuanya akan berubah menjadi bahan berlendir. 
Ikan Mata Bulan foto by blueanimalbio.com

2. Ikan Mata Bulan (Hiodon tergisus), Ikan air tawar dari Amerika Utara yang berkerabat dengan ikan berlidah tulang. Ciri ikan ini bertubuh tipis dengan lebar sedang, bagian belakang berwarna biru sedangkan sisi-sisinya berwarna perak. Panjang tubuhnya dapat mencapai 40 cm dan pada perairan dangkal.Hidup dari makanan berupa serangga, cacing, ikan-ikan kecil dan siput air.

 

Ikan itik bombay foto freeanimalspictures.com

3. Ikan Itik Bombay (Harpodon nehereus), Termasuk salah satu ikan myctophoid dan di kenal juga sebagai 'bummalo'. Terdapat di sekitar muara-muara di sekitar pantai India, Burma dan China. Panjang ikan ini kurang lebih 40 cm dan memiliki sirip dada dan panggul yang panjang, serta memiliki deretan sisik yang membesar sepanjang garis samping.

 

Ikan Mulut Sikat foto by wrobelphoto.com
4. Ikan Mulut Sikat (Gonostomatidae), suatu nama bagi ikan laut yang panjangnya tidak lebih dari 7,5 cm, memiliki tubuh kurus dan mudah rusak. Ikan Mulut Sikat Memiliki organ-organ bercahaya dan karena tinggal di laut dalam maka tidak begitu memiliki arti ekonomis bagi nelayan.
 




Ikan Mata Teleskop by comiya.net
5. Ikan Mata Teleskop (Giganturidae), Suatu famili ikan laut dalam dengan mata tabung yang besar dengan tubuh berbentuk silinder dengan panjang 23 cm. Ikan ini hidup di semua samudera pada kedalaman 3.600 m, matanya yang berbentuk tabung untuk menunjang penglihatannya dalam mencari dan menyergap mangsa.



Ikan Kumis Jungkir Balik by aquariumlife.net

 
 
6. Ikan Kumis Jungkir Balik (Synodontis nigriventris), Termasuk kedalam famili Mochokidae yang berasal dari Afrika. Badannya tidak bersisik dan mempunyai satu  sirip berlemak. Pada sirip punggung maupun sirip dada memiliki duri yang kuat, merupakan ikan perenang punggung dengan perut keatas. Duri-duri ikan ini dapat menyebabkan luka nyeri dan menyengat. 

 


7. Ikan Batu Bara (Pollachius virens), adalah sebangsa ikan Kod yang dapat di jumpai mulai dari kutub utara hingga laut tengah. Termasuk ikan perairan dalam  antara 100 hingga 200 m. Nama batu bara mungkin diambil dari warna tubuhnya yang  gelap atau hampir hitam.
Ikan Matahari Samudera by scubali.com

8. Ikan Matahari Samudera (Molidae), ikan berbentuk cakram yang keliatan tidak memiliki ekor. Keunikan lainnya dari Ikan Matahari Samudera ialah cara menutup celah mulut ikan ini seperti vertikal bukan horizontal.







9. Ikan Jempol Tukang Giling ( Cottidae), Dikenal juga dengan sebutan ikan kepala banteng, merupakan ikan air tawar yang cukup aneh. Di jumpai di air dengan arus cepat dan dangkal di eropa. Kepalanya lebar dan pipih, tubuhnya bundar tanpa sisik kecuali di sepanjang garis sisi. Sebagian hidupnya di habiskan dengan berada di bawah bebatuan dan hanya keluar saat menangkap mangsa.

 
Ikan Suram foto by jjphoto.dk
10. Ikan Suram (Alburnus alburnus) di tujukan untuk ikan air tawar kecil  yang terdapat di sungai-sungai berarus lambat dan  danau-danau besar di Eropa sebelah utara Alpen. Ikan ini sering terlihat bergerombol di permukaan air untuk menangkap serangga. Dengan panjang yang hanya 20 cm dan hampir tidak berasa ikan ini tidak terlalu berarti dari segi ekonomis.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, September 29, 2012

3 komentar:

rendra pramandanu mengatakan...

mantap tengok juga ini http://www.reverbnation.com/rendrapramandanu

Dzaman mengatakan...

mkasi infonya,,
ditunggu knjgan baliknya :D

belajarsearchengine mengatakan...

Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion