Kamis, 04 Oktober 2012

Hindarkan Tawuran melalui kegiatan "ROHIS"

Alternatif mengatasi masalah tawuran banyak di lontarkan oleh berbagai pihak misalnya saja meningkatkan pengawasan terhadap peserta didik oleh guru bersama-sama dengan orang tua siswa, merelokasi sekolah yang kerap melakukan tawuran, hingga menindak tegas pelaku tawuran agar memberikan efek jera. Namun dari kesemuanya ada solusi yang di anggap lebih baik karena selain dapat menghindarkan terjadinya tawuran juga dapat mempertebal rasa keimanan seseorang terhadap Allah. Solusi tersebut adalah "rohis" atau Rohani Islam. 
Tawuran Pelajar | sumber foto lazuardibirru.org
Kegiatan Rohis dapat menjadi salah satu alternatif pencegahan terjadinya tawuran karena peserta didik dalam hal ini siswa akan mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang positif serta dapat menambah wawasannya mengenai keislaman. Di dalam kegiatan "rohis" siswa juga di ajarkan bagaimana menjalin kebersamaan serta mendapatkan berbagai pelatihan seperti pengendalian diri dan latihan dasar kepemimpinan.

Peserta "rohis" bisa belajar memecahkan  persoalan dengan "sharing" sesama anggota dan mengenal keorganisasian karena "rohis" hampir serupa dengan osis yang di dalamnya juga ada susunan seperti ketua, wakil, bendahara, dan sekretaris. Kegiatan Rohani Islam ini menurut sebagian masyarakat adalah cara yang cukup bijaksana untuk menekan tawuran yang sepertinya semakin marak. Karena di banding yang lain menurut mereka kegiatan ekskul ini terbilang lebih bisa diterima sebagai alternatif atau solusi mengatasi tawuran sebab rohis bersifat menstabilkan jiwa anak murid yang cenderung labil dan mudah terprovokasi.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Oktober 04, 2012

2 komentar:

Zian mengatakan...

izin memuat postingan ini untuk halaman Media Blogger..
salam
Zian

muhammad jumani mengatakan...

Silahkan, boleh aja.. share artikel ini ke lebih banyak orang agar lebih bermanfaat.. kalau berkenan tolong sertakan link sumber nya yah...

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion