Rabu, 31 Oktober 2012

Kumbang Badak | Kumbang Tanduk

Kumbang Badak atau Kumbang Tanduk (Rhinoceros Beetle) adalah golongan serangga yang termasuk kedalam ordo Coleoptera.  Secara umum gambaran serangga yang tergolong kedalam ordo ini di deskripiskan sebagai berikut ; memiliki sayap  depan yang keras menanduk, sayap belakangnya membraneus dan melipat saat tidak digunakan. Bentuk tubuh bulat, oval, oval memanjang, ramping memanjang, atau pipih. Beberapa kadang memiliki moncong yang berguna dalam mencari makanan dan proses meletakan telur. Mulutnya bertipe penggigit dan pengunyah, tarsi selalu 3-5 ruas.
Kumbang Badak | Rhinoceros Beetle tampak samping

Kumbang Badak | Rhinoceros Beetle tampak atas

Penyebaran luas, bisa ditemukan di permukaan tanah, di bawah batu, di dalam kulit kayu, bahkan ada pula yang hidup di air. Sebagian merupakan hama tanaman yang menyerang hampir semua bagian tanaman. Tidak sedikit yang merusak bahan pangan dan bahan-bahan lainnya  yang di simpan di gudang. Sebagian juga ada yang bersifat sebagai predator atau pemakan bangkai.

Kumbang Badak atau Wangwung sendiri termasuk kedalam Famili Scarabaeidae dengan ciri-ciri tubuh kokoh bentuk tubuh oval atau memanjang elytra tidak terlalu kasar, memiliki warna dan ukuran yang bervariasi namun lebih banyak di jumpai yang berwarna coklat tua kehitaman. Kumbang Badak memiliki antena yang berbentuk benjolan gada panjang 8-11 ruas. Memiliki tanduk atau pronotum. Kumbang dewasa  merupakan hewan nokturnal  yang tertarik terhadap cahaya. Betina meletkan telur dekat daun-daun yang membusuk  atau tempat-tempat tersembunyi. Dapat pula pada pangkal batang yang nantinya larva bertindak sebagai perusak akar, bentuk dewasa umumnya merupakan hama seperti tanaman kelapa, sagu dan lain-lain.
Ciri khas kerusakan yang disebabkan kumbang ini pada kelapa yaitu daun sebagian hilang dan jika membukan daun kelapa nampak seperti membentuk kipas/ada deretan lubang besar di daun. Lebih parah lagi kerusakan pada tanaman yang diakibatkan kumbang ini dapat memicu pengrusakan lanjutan oleh serangga lainnya. Beberapa jenis yang terkenal sebagai hama maupun hewan koleksi antara lain Oryctes rhinoceros ( kumbang badak)  dan  Lepidiota stigma.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Oktober 31, 2012

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion