Jumat, 12 Oktober 2012

Titik Kemacetan Ruas Jalan di Banjarmasin

Meski tak separah di Jakarta atau kota besar lainnya, sebagian ruas jalan di Banjarmasin kini mulai nampak padat dan terkadang macet. Titik kemacetan ruas jalan di Banjarmasin ini ada beberapa faktor insidentil selain tentunya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor yang sangat signifikan dari tahun ketahun. Berikut beberapa titik kemaceta di jalan-jalan Banjarmasin menurut pantauan saya.
Titik Kemacetan Di Banjarmasin | foto; Radar

1. Simpang EmpatSultan Adam Banjarmasin
 Jalan ini akan sangat padat pada jam-jam sibuk seperti pagi antara pukul 07.00-08.30 atau sore hari, untungnya sekarang ada pelebaran jalan sehingga kemacetan bisa di kurangi namun sebaiknya anda tidak melewati jalur ini saat terjadi pemadaman listrik khususnya pada jam sibuk seperti di atas karena sudah menjadi langganan macet di kala listrik padam dan lampu traffic light tidak berfungsi.
2. Jalan S. Parman Banjarmasin
Jalan ini cukup padat karena merupakan jalur utama, titik kemacetan pada hari-hari biasa di jam sibuk adalah di jembatan dekat simpangan ke Antasan Kecil Barat. Pagi dan sore hari adalah jam padat terutama pada hari senin dan jum'at. Ruas kemacetan akan bertambah jika secara berbarengan ada event acara atau resepsi pernikahan yang berlangsung di Gedung Aula SMK 4, Gedung Serba Guna Unlam, Taman Budaya, Gedung Sultan Suriansyah, Gedung Wanita biasanya pada hari minggu.
3. Jalan Tembus Perumnas
Ruas jalan ini sebenarnya adalah jalur alternatif terutama untuk pengendara yang ingin menuju Kayu Tangi atau Handil Bakti, namun setelah pembangunan jembatan baru yang menghubungkan keterminal Handil Bakti kini jalur ini cukup ramai, terutama pagi dan sore hari. Kemacetan disini hanya bersifat sewaktu-waktu semisal ada truck yang mengalami kebocoran ban dan sebagainya.
4. Jembatan Kayu Tangi
Semenjak di Bangunnya jembatan baru yang berada di dekat terminal Handil Bakti, kini pengendara memiliki jalur alternatif jika ingin menuju Handil Bakti atau sebaliknya. Sebelumnya Jembatan Kayu Tangi adalah langganan macet karena merupakan jalan satu-satunya yang menghubungkan Banjarmasin dan Batola. Namun tak jarang sampai sekarang pun kemacetan kerap terjadi di jembatan ini karena berbagai faktor insidentil.
5. Simpang 4 Banua Anyar
Jalan ini memang ruas jalan yang cukup padat sehingga jika traffic light tidak berfungsi tidak jarang kemacetan yang cukup parah terjadi di perempatan ini.

Paling tidak 5 titik itulah yang cukup sering mengalami kemacetan di samping beberapa ruas jalan lain seperti ruas jalan yang melewati pasar seperti pasar lama, veteran, dan beberapa jalan lainnya. Semoga bermanfaat buat anda. Jika ingin menambahkan silahkan tulis di komentar, like this dan share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Oktober 12, 2012

4 komentar:

Ratno Wistu Jr mengatakan...

Tambah lagi:
Titik macet yang lain adalah di Jl. Saka Permai, langganan apabila jam pulang sekolah. Apalagi hari jumat. Jadi hari jumat, disarankan tidak lewat disana. Keburu telat sampai di rumah.

Selain itu, ruwetnya jembatan Jl. Rawasari Raya, kayaknya juga harus dihindari. Paling gak macet 5-10 menit di jembatan ini.

muhammad jumani mengatakan...

Oh iya betul itu, pengalaman juga soalnya lewat situ pas jam pulang sekolah apalagi hari jum'at seperti hari ini.

Banjarmasin mengatakan...

Banjarmasin semakin berkembang, potensinya sangat besar, jumlah penduduk, dan sumber daya alamnya. Tak heran kalau saat ini mengalami kemacetan. Kalau tidak di siasati dengan kendaraan massal tidak menutup kemungkinan akan macet sepeti kota besar lainnya

Miftah Farid mengatakan...

JEmbatan S Parman macet terus jam-jam pagi n siang,,,

Apalagi pas tikungan2 patah dijembatan itu;

xixix

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion