Sabtu, 03 November 2012

Fakta Menarik Elang Botak

Elang Botak atau Heliaetus leucocephalus adalah salah satu  jenis elang yang populer. Hewan bersayap yang berasal dari Amerika utara ini mempunyai ciri khusus yaitu bulu-bulu di kepala dan ekor yang berwarna putih dan warna kuning cerah pada paruhnya. Karena mangsa utamanya adalah ikan, Elang botak biasanya hidup di sekitar wilayah peraiaran baik sungai maupun danau.Salah satu kawasan yang memiliki jumlah populasi Elang botak yang cukup banyak adalah Alaska, Amerika Serikat. Salah satu alasannya adalah daerah ini memiliki banyak perairan yang kaya akan ikan.
Elang Botak | Heliaetus leucocephalus   (sumber)

Elang Botak dapat terbang dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam, namun di saat ia meluncur untuk menangkap mangsa kecepatannya dapat mencapai 120 km/jam. Sungguh kecepatan yang sangat pantastis yang kerap membuat mangsanya terlambat menyadari kedatangannya. Elang Botak merupakan predator, ia menyambar ikan-ikan yang muncul di permukaan perairan dengan menggunkan kedua cakar kakinya. Mangsa yang berhasil di cengkram akan dibawa ketempat lain untuk kemudian di cabik-cabik menggunakan paruhnya yang kuat dan tajam.

Tidak sedikit spesies elang yang kini terancam punah karena perburuan ilegal. Banyak kolektor yang ambisius berusaha memiliki hewan ini baik hidup ataupun awetannya. Elang sudah digunakan sebagai simbol kejayaan sejak jaman dahulu, karena kegagahan dan keperkasaanya. Elang Botak sendiri telah menjadi lambang kenegaraan Amerika Serikat sejak tahun 1782.


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, November 03, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion