Rabu, 21 November 2012

Lima Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Jembatan Tanjung Ayun di Kotabaru Kalimantan Selatan yang rencananya segera dikerjakan akan menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang merupakan negara kepulauan serta banyak memiliki  sungai-sungai. Tak heran jika  banyak jembatan-jembatan yang panjang untuk menghubungkan antar desa, antar daerah bahkan antar pulau. Selain jembatan Suramadu yang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia masih banyak jembatan-jembatan lain yang memiliki rentang ber ratus-ratus meter bahkan hingga beberapa kilometer. Kalimantan adalah salah satu pulau yang memiliki banyak jembatan terpanjang. Beberapa diantaranya akan diulas sebagai berikut :
1. Jembatan Barito atau jembatan Pulau Bakut (1082 m)
Jembatan ini adalah salah satu sarana sangat penting mengingat jembatan ini sebagai penghubung jalur darat Kalsel-Teng. Jalan ini membentang diatas sungai Barito dengan sebuah pulau kecil (delta) bernama Pulau Bakut. Panjang jembatan ini mencapai 1082 m.
Jembatan Barito
 2. Jembatan Mahulu / Mahakam Hulu (789 m)
Jembatan Mahulu (foto ; wikipedia)
 Jembatan ini terletak di Samarinda dan melintasi sungai Mahakam. Jembatan ini menghubungkan Samarinda dengan Samarinda Seberang. Jembatan ini memiliki panjang 789 m dan lebar 11 m. Selain itu, ketinggian muka air sungai dengan jembatan ini mencapai 18 m.
3. Jembatan Rumpiang (753 m)
Jembatan Rumpiang

Jembatan ini berada di Kabupaten Barito Kuala, tepatnya di desa Rumpiang kurang lebih 1 km dari kota Marabahan. Jembatan ini disebut-sebut mirip jembatan Sydney Harbour di Austrlia dan merupakan salah satu objek wisata bagi masyarakat lokal. Jembatan ini memiliki panjang 753 m.
4. Jembatan Kahayan (640 m)

Jembatan Kahayan foto pada malam hari
 Jembatan ini terletak di Kalimantan Tengah. Panjang jembatan ini 640 m dan lebar 9 meter. Jembatan ini merupakan penghubung Kabupaten Barito Utara dengan Barito Selatan.
5. Jembatan Tanjung Ayun ( kurang lebih 3000 m)
Gambar Perspektif Jembatan Tanjung Ayun Kota Baru
Jembatan yang terletak di Kota Baru ini jika selesai akan menjadi jembatan terpanjang di Kalimantan. Jembatan Tanjung Ayun rencananya akan segera ddibangun dan akan menghubungkan Pulau Laut dan Pulau Kalimantan. Jembatan Tanjung Ayun diperkirakan akan menyedot biaya 1,1 Triliun yang akan di danai oleh salah satu perusahan tambang bijih besi.
  

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, November 21, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion