Selasa, 13 November 2012

Paku Tanduk Rusa | Platycerium ridleyi

Paku Tanduk Rusa | Platycerium ridleyi
Paku Tanduk Rusa memiliki banyak variasi, salah satu bentuk yang cukup unik adalah bentuk tanduk rusa yang mengarah keatas dari jenis Paku Platycerium ridleyi. Jenis ini banyak digemari oleh pecinta tanaman hias terutama penyuka tumbuhan paku. Tumbuhan Paku Tanduk Rusa Platycerium ridleyi ini memiliki bebebarapa nama alias seperti tanduk menjangan, tanduk kijang, atau Staghorn fern.

Staghorn fern atau yang berarti paku tanduk rusa semakin meningkat popularitasnya dikalangan pecinta tanaman hias, selain karena harga yang relatif murah perawatan dan cara menanamnya pun cukup mudah. Karena umumnya Paku Tanduk Rusa adalah tumbuhan epifit termasuk dari jenis Platycerium ridleyi ini maka untuk menanam paku tanduk rusa cukup ditempelkan di pepohonan yang cukup rindang dan sejuk, atau bisa juga di tempatkan di media berupa papan atau potongan kayu.

Jika ditempatkan diluar rumah, maka tidak terlalu repot untuk melakukan penyiraman sebab paku tanduk rusa bisa memenuhi kebutuhan air dari hujan dan embun, namun jika ditempatkan diberanda maka perlu dilakukan penyemprotan untuk memberikan air. 

Habitat asli Staghorn fern atau Paku Tanduk Rusa adalah hutan terutama hutan hujan tropis seperti di Indonesia. Ia menyukai pepohonan besar yang seringkali tumbuh berdampingan bersama epifit lain seperti dari famili Orchidacea atau anggrek spesies

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, November 13, 2012

1 komentar:

weather station mengatakan...

hmmm baru tahu nih ada paku tanduk rusa

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion