Senin, 05 November 2012

Sejarah dan Perjuangan W.R Supratman

Sejarah Lagu Indonesia Raya tak lepas dari sejarah kehidupan penciptanya yaitu W.R Supratman. Lagu kebangsaan yang selalu bergema di setiap apel bendera hari Senin maupun acara-acara lainnya khususnya acara resmi kenegaraan ini di karang oleh Wage Rudolf Supratman. W.R Supratman adalah seorang pria kelahiran  Senin Wage tepatnya 9 Maret 1903 di Desa Somongari Purworejo Jawa Tengah.
Not Lagu Indonesia Raya Ciptaan W.R Supratman

Beliau sempat bersekolah di sekolah Budi Oetomo tetapi berhenti sebelum sempat tamat karena ibunya meninggal dunia. Oleh kaka beliau Rukiyem Supratiyah, pada tahun 1914 W.R Supratman di bawa kebelanda dan dimasukan ke seoklah belanda dengan memberinya gelar Rudolf. Namun akhirnya dikeluarkan setelah diketahui bahwa Ia bukan keturunan Belanda. Kemudian Ia dimasukan kesekolah Melayu dan melanjutkan kesekolah Guru. Setelah berhenti menjadi Guru di Makassar beliau kemudian bekerja di sebuah kantor Advokat.

W.R Supratman memiliki sebuah perkumpulan musik bernama Black and White. Pada tahun 1924 Ia pindah ke Surabaya dan bekerja sebagai wartawan di surat kabar Kaeom Moeda di Bandung, lalu di Kantor Berita Alpena, dan terakhir tahun 1926 di surat kabar Sin Po Jakarta. Semasa menjadi wartawan inilah beliau mendekatkan diri kepada tokoh-tokoh perjuangan Indonesia. Pada Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 lagu Indonesia Raya diperdengarkan langsung kepada peserta kongres secara vokal dan gesekan biola beliau. Lagu-lagu beliau lainnya Ibu Kita Kartini (1929), Mars KBI (1930), dan Di Timur Matahari (1930).

Salah satu lagu ciptaannya berjudul Mata Hari Terbit yang diciptakan tahun 1938 membuat beliau ditahan oleh polisi Kolonial Pemerintah Belanda. Kemudian beliau di keluarkan dan oleh keluarga di bawa ke Surabaya karena kesehatan beliau yang terus menurun. 

W.R Supratman wafat pada malam tanggal 17 Agustus 1938, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya ini  telah ditetapkan oleh pemerintah RI sebagai salah satu pahlawan nasional dan hingga kini lagu ciptaan beliau Indonesia Raya masih tetap digaungkan bahkan dikenal oleh bangsa-bangsa di dunia.



ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Senin, November 05, 2012

1 komentar:

Reno Rasiwara mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai sejarah wr supratman indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai tempat wisata di indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion