Jumat, 07 Desember 2012

Adaptasi Behavioral

Adaptasi tingkah laku atau adaptasi behavioral adalah salah satu mekanisme penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan melalui tingkah laku tertentu. Secara umum tujuan adaptasi adalah salah satu bentuk upaya mempertahankan diri dari lingkungan salah satunya predator. Contoh adaptasi tingkah laku yang paling mudah diingat antara lain mimikri pada bunglon dan autotomi pada cicak, mimikri adalah aktifitas merubah warna tubuh sesuai warna yang ditempatinya sebagai contoh ketika berada di daun Bunglon akan merubah warna tubuhnya menjadi berwarna hijau seperti daun. Autotomi adalah proses memutuskan ekor pada cicak dan beberapa jenis kadal saat terancam bahaya. Putusan ekor tersebut bertujuan untuk mengalihkan perhatian predator sehingga cecak selamat. Ekor yang putus  tersebut seiring waktu akan tumbuh lagi seperti sedia kala.

Gambar adaptasi tingkah laku pada bunglon
Adaptasi Tingkah Laku
Contoh Adaptasi Tingkah Laku lainnya :
Cumi cumi mampu berkamuflase dan mampu menyemprotkan tinta saat terancam sehingga cumi-cumi bisa kabur.

Beberapa hewan akan mengeluarkan bau menyengat ketika terancam predator, misal musang, walang sangit, dan jenis kodok tertentu.

Berpura-pura mati di lakukan oleh beberapa jenis kumbang, jenis ular tertentu, dan jenis tupai virginia bahkan burung.

Berkubang dilakukan oleh kerbau dan babi, tujuannya untuk mengurangi dehidrasi

Hibernasi, biasanya untuk hewan-hewan yang tinggal didaerah 4 musim yaitu saat musim dingin, misalnya pada beruang, ular, kura-kura,kelinci dan beberapa jenis kadal.

Estivasi adalah kebalikan hibernasi, dimana hewan melakukan tidur di musim panas di bawah perlindungan untuk mengurangi dehidrasi.

Rayap yang memakan kembali kelupasan kulit serta rayap-rayap muda yang suka menjilati dubur rayap dewasa adalah salah satu adaptasi tingkah laku yang bertujuan untuk mendapatkan flagellata yang membantunya dalam proses pencernaan selulosa. Karena hewan Flagellata tersebut mampu menghasilkan enzim selulose yang dapat mencerna kayu.

Meranggas atau menggugurkan daun pada tumbuhan juga salah satu contoh adaptasi tingkah laku misalnya pada pohon jati saat musim kemarau untuk menghindari penguapan yang berlebihan

Mematikan sebagian tubuh pada zingiberaceae adalah salah satu contoh adaptasi tingkah laku terhadap kondisi ekstrim seperti kemarau. Bagian tubuh di permukaan tanah akan mengering sementara rimpang akan tetap hidup dan akan bertunas jika keadaan sudah normal.

Migrasi adalah contoh lain adaptasi tingkah laku hewan misalnya pada ikan salmon yang setiap musim kawin akan migrasi ke sungai-sungai untuk bertelur.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Desember 07, 2012

1 komentar:

pesan jaket online mengatakan...

waaaa infonya mengingatkan kita pada pelajaran sekolah dulu... mantap bro lanjutkan

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion