Senin, 31 Desember 2012

Cara Mengetahui Kualitas Telur

mjumani.com - Telur banyak menjadi alternatif  pengganti ikan sebagai lauk makan dan menjadi bahan bagi berbagai jenis masakan dan kue. Berbagai jenis telur telah dikenal oleh masyarakat khususnya bangsa Indonesia, tidak hanya telur unggas bahkan telur dari jenis reptil juga mulai diminati karena berbagai alasan, sebut saja telur penyu yang kini banyak beredar dipasaran meski fenomena tersebut dapat membahayakan hewan yang kini populasinya semakin menurun tersebut.
membedakan telur baik dan telur busuk
Telur Ayam
Nah bicara soal kualitas telur kali ini mjumani.com akan bahas sedikit masalah bagaimana mengetahui kualitas telur yang anda beli sebelum di olah. Membedakan telur baik dan yang busuk sangat penting, karena tidak semua telur yang anda beli memiliki kualitas yang baik maka hendaknya setiap telur yang ingin diolah benar-benar di pastikan kualitasnya jangan sampai anda menemukan telur yang busuk yang kemudian tercampur ke bahan yang ingin anda olah.

Ada beberapa cara untuk mengetahui kualitas telur tanpa harus memecahkan cangkangnya terlebih dahulu, cara-cara berikut merupakan cara sederhana dan sangat mudah di aplikasikan tanpa memerlukan keahlian khusus. Berikut cara-cara mengetahui kualitas telur baik telur bebek maupun telur ayam ;
  1. Dengan  menyorotkan cahaya, cara ini bisa menggunakan lampu senter atau cahaya matahari. Telur cukup disorot dengan lampu senter atau diarahkan ke cahaya matahari/lampu dengan posisi digenggam menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, jika bagian dalam telur terlihat terang atau cerah berarti kondisi telur masih baik, tetapi jika terlihat gelap atau buram maka kemungkinan besar telur sudah busuk atau kurang baik.
  2. Meletakan di air, cara ini bisa anda gunakan untuk mengetahui telur yang busuk. Cukup letakan telur di wadah berisi air, telur yang mengambang berarti kondisinya sudah kurang baik atau busuk, tetapi telur yang baik akan tenggelam
Selain mengetahui kondisi telur, anda juga bisa membedakan telur yang sudah matang dan telur yang belum matang tanpa harus memecahkan kulit telur atau cangkang telur tersebut, caranya cukup putar telur tersebut diatas lantai atau tempat datar, jika telur berputar beberapa kali putaran berarti telur tersebut telah matang atau beku, jika tidak berarti telur tersebut normal atau belum matang.

Nah semoga tips tersebut bisa bermanfaat, jangan sampai anda menceplok telur busuk kepenggorengan atau menceplokan telur yang kurang baik keadonan kue anda, selamat mencoba dan selamat berkreasi.
 

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Senin, Desember 31, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion