Selasa, 08 Januari 2013

Cara Memperbanyak Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa atau Tanduk Menjangan memiliki banyak variasi dan jenis, namun sebagai tumbuhan yang masuk kedalam kelompok tumbuhan paku epifit yang menarik banyak peminat tanaman hias adalah bentuk daunnya yang menyerupai tanduk menjangan atau rusa. Ada sekitar 18 jenis paku tanduk rusa yang kesemuanya masuk dalam marga Platycerium, yang cukup populer adalah Platyceriyum bifurcatum dan Platycerium ridleyi.
mengembangbiakan paku tanduk rusa
Anakan Paku Tanduk Rusa

Memperbanyak atau mengembangbiakan Paku Tanduk Rusa mulai menjadi lirikan mengingat tidak selamanya suplai untuk para peminat dan pecinta Paku Tanduk Rusa bisa dipenuhi dari alam apalagi jika terus tergantung dengan alam bisa mengganggu keseimbangan ekosistem dan populasinya.Untuk itulah kali ini saya mencoba memberikan sedikit gambaran cara memperbanyak atau mengembangbiakan paku tanduk rusa secara konvensional atau tradisional.

Memperbanyak Paku Tanduk Rusa sama seperti halnya tumbuhan paku lain terbilang sangat mudah, selain tidak memerlukan teknik yang sulit alat perkembangbiakan berupa spora juga memiliki jumlah yang sangat banyak jadi kemungkinan dihasilkanya individu baru juga tinggi.

Jika diperhatikan lebih detail daun pada pakut tanduk rusa ada dua tipe; tipe pertama selalu steril dan berbentuk perisai tegak, mengering pada kondisi kurang air, fungsinya mengumpulkan dedaunan kering dan penangkap air, sehingga kelembaban bagi rimpang terjaga; tipe kedua menjuntai dari "pusat" daun tipe pertama dengan bentuk menyerupai tanduk rusa (walaupun ada beberapa jenis yang tidak demikian), fungsinya sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun, panjang daun yang menjuntai dapat mencapai satu meter atau lebih, tergantung jenisnya. Spora terdapat pada sporangia yang terlindung oleh sorus (jamak : sori) yang tumbuh menggerombol di sisi bawah daun, menyebabkan vlek berwarna coklat pada daun.

Jika telah matang kotak spora akan pecah dan spora akan beterbangan terbawa angin dan akan tumbuh jika jatuh ditempat yang kondisinya cocok. Cara sederhana untuk "menangkap" sebaran spora adalah dengan meletakan papan-papan pakis atau media tertentu dengan kelembaban yang cukup di dekat sorus ( ada pada daun fertil). Jika berhasil dalam beberapa waktu akan tampak anakan-anakan paku tersebut, sekilas memang susah menentukan dari jenis atau varian apa namun jika sudah cukup besar maka perbedaan-perbedaan tersebut akan terlihat jelas.

Perlu diketahui letak sorus atau kotak-kotak spora pada paku tanduk rusa terkadang berbeda-bed, sebagai contoh pada jenis  Platyceriyum bifurcatum terletak pada daun yang menyerupai tanduk menjangan pada bagian bawah/ ujung daun, namun pada jenis Platyceriyum ridleyi, dan Platycerium coronarium, akan tumbuh daun berbentuk seperti mangkuk terbalik yang merupakan daun fertil dan memiliki spora.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Januari 08, 2013

1 komentar:

Ali Mustofa mengatakan...

Saya sangat tertarik dengan budidaya tanaman tanduk rusa. Bahkan saya ingin mengembangkannya dalam skala bisnis. Tolong hubungi saya: 08175030559

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion