Selasa, 22 Januari 2013

Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua sepertinya akan menjadi ikon baru Kalimantan Selatan jika selesai di realisasikan. Sebab Kalsel boleh di bilang minim soal tujuan wisata. Selain pasar terapung, pendulangan intan dan beberapa museum serta cagar alam tempat-tempat tujuan wisata yang cukup dekat dengan Banjarmasin hampir tidak ada. Sehingga tak dipungkiri banyak masyarakat kalsel memilih untuk berlibur di luar ketimbang di daerah sendiri saat akhir pekan atau liburan sekolah.
Alamat Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan
Pengerjaan Kebun Raya Banua | asal foto

Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan rencananya akan dibangun di wilayah perkantoran di Banjarbaru. Pembangunan Kebun raya  ini dikepalai oleh Agung Sriyono yang didampingi oleh tim ahli Kebun Raya Bogor dan LIPI. Di bangunnya Kebun Raya seluas 123 ha ini diharapkan dapat menjadi salah satu kebunh raya yang ideal dan tidak kalah dengan kebun raya yang ada di daerah lainnya di Indonesia.
Kebun Raya Banua di Kelola oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Lembaga Pengelola berada di bawah Satuan Kerja Perangkat Daerah yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) dalam bentuk “Unit Pelaksa Teknis Daerah” (UPTD). Lokasi pembangunan Kebun Raya Banua terhitung sangat strategis, terletak di Kabupaten Banjarbaru, Kecamatan Cempaka, pada areal Kawasan Perkantoran Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan dengan posisi geografis sebagai berikut : 03°28’18,4” LS 114°49’39,1” BT ; 03°28’47,0” LS 114°50’21,9” BT ; 03°29’68,6” LS 114°49’36,3” BT ; 03°29’27,6” LS 114°48’36,6” BT.

Pembangunan Kebun Raya Banua   diresmikan pada tanggal 13 Februari 2013. Jika berjalan lancar diharapkan Kebun Raya yang rencananya juga akan ditanami berbagai tanaman khas banua seperti Kayu Ulin, Meranti, Alaban, Kayu Lurus, Kalangkala dan berbagai jenis tanaman herbal  ini bisa dibuka untuk umum kurang lebih dalam 5 tahun mendatang. (mj)

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Januari 22, 2013

3 komentar:

BlogS of Hariyanto mengatakan...

akhirnya ada juga kelak tempat wisata yang teduh dan hijau di kal-sel...rasanya tidak sabar menunggu :)

ferilens mengatakan...

Wah ...bakal menarik nih ...kt nyumbang koleksi anggrek dipenangkaran kt aja ...tuk menambah khazanah kekayaan plasma nuftah kebun raya ...

Anonim mengatakan...

Menawarkan lokasi untuk dijadikan objek wisata di Banjarbaru
Jika anda berminat untuk ber-infestasi memiliki sebuah tempat wisata alam yang cantik kami tawarkan kepada anda sebuah lokasi yang sangat cocok untuk dijadikan sebuah tempat wisata . Sebuah lokasi seluas kurang lebih 14 Ha yang langsung sampai ketepi jalan beraspal dan masih alami dengan pemandangan yang indah dan teduh, mata anda di manjakan oleh pemandangan yang seperti ini, Bukit-bukit kecil disekeliling sebuah danau yang luasnya kurang lebih 1 ha , perjalanan kelokasi sangat mudah karena melalui jalan beraspal dan hanya memakan waktu setengah jam saja dari pusat kota Banjarbaru . Danau yang indah ini berada kurang lebih 100 meter dari tepi jalan . dapat dijadikan lokasi memancing bagi yang hobby memancing
Tempat ini memikat jika dikelola sebagai tempat wisata , sangat sesuai bagi mereka yang menginginkan suasana tenang jauh dari hingar bingar kota. Uniknya lagi, di sekitar Danau ini ditumbuhi pohon-pohon aksia Tak ada salahnya jika danau ini dijadikan tempat wisata alam.
Lokasi :
Untuk menuju lokasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 4 pribadi atau kendaraan sewa. Jaraknya sekitar 15 km dari Kota Banjarbaru. Jalan mulus beraspal.
Fasilitas lain : Juga tersedia jaringan listrik disepanjang jalannya
Bagi investor yang berminat memiliki lokasi tersebut silakan hubungi kami di 05116249691 .

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion