Kamis, 03 Januari 2013

Memilih Anggrek Untuk Pemula

Sebagai negara kepulauan yang disebut-sebut memiliki kekayaan anggrek spesies terbesar kedua di dunia Indonesia boleh berbangga hati, meski "mutiara" terpendam tersebut masih belum dikelola secara optimal namun sebagai warga negara yang baik ada sebuah tanggung jawab untuk turut melestarikan paling tidak  mengenalnya sehingga anggrek-anggrek eksotis tersebut tidak hanya menjadi tinggal cerita dimasa depan.
Tipe anggrek tanah
Anggrek tanah | Spathoglottis plicata

Keindahan dan pesona anggrek telah melahirkan pehobies-pehobies baru yang jatuh hati dan ingin menyaksikan "ratu" para bunga tersebut bermekaran di halaman atau pekarangan rumah mereka. Tidak jarang mereka harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan anggrek idaman. Sayangnya tak sedikit pula yang lantas kecewa dan furustasi lantaran anggrek-anggrek tersebut mogok berbunga bahkan merana dan mati.



Memilih anggrek untuk pemula atau anda yang masih baru juga harus diperhitungkan jangan sampai menyesal dikemudian hari. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan  pertimbangkan jika ingin membeli dan memelihara anggrek ;
  1. Jenis Anggrek, Ada sangat banyak jenis anggrek, namun pengelompokan  yang sangat sederhana ialah jenis  Anggrek Spesies dan Anggrek Silangan atau hybrid. Untuk anda yang baru, maka sangat disarankan untuk membeli anggrek silangan atau hybrid, karena selain rajin berbunga juga memiliki ketahanan yang relatif bagus ketimbang anggrek spesies.
  2. Tipe Anggrek,  perlu diketahui beberapa jenis anggrek dikelompokan berdasarkan ketinggian tempat atau suhu ideal untuk pertumbuhannya, ada tipe anggrek yang cocok hidup di dataran rendah atau bersuhu hangat, ada pula anggrek yang lebih pas hidup di dataran tinggi atau pegunungan dengan suhu dingin. Sebelum anda memilih pastikan anggrek tersebut sesuai dengan tipe tempat yang telah anda siapkan.
  3. Penempatan/penanaman, ada jenis anggrek tanah yaitu hidup ditanah, ada pula jenis anggrek epifit artinya hidup menempel pada pohon atau batang tumbuhan lain. Penempatan yang sesuai akan sangat mempengaruhi pertumbuhan anggrek anda. Jika anda hanya memiliki sedikit waktu untu merawat anggrek maka pilihan bijak adalah dengan menempatkannya/menempelkannya di pepohonan karena jika anda lupa menyiram anggrek tersebut masih bisa berharap dari alam.
Anggrek untuk pemula
Aerides odorata

Sebenarnya ada anggrek spesies yang sangat cocok untuk pemula, harganya pun sangat murah atau bahkan bisa anda dapatkan gratis, yaitu dari jenis Dendrobium yang dikenal dengan nama anggrek merpati (Dendrobium crumenatum). Meski tergolong anggrek spesies yang satu ini bisa tumbuh baik tanpa perlu perawatan khusus. Berbunga cukup marak dan harum meski ketahanannya sangat singkat hanya 1-2 hari. Selain Anggrek merpati, Anggrek kuku macan atau Aerides odorata juga bisa menjadi alternatif anggrek koleksi pertama anda.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Januari 03, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion