Jumat, 01 Februari 2013

Jasa Ekspedisi Pengiriman Paket Cairan

Jasa ekspedisi pengiriman paket cairan menjadi sangat sulit dicari setelah tiga perusahaan jasa pengiriman paket yaitu TIKI, JNE dan PT POS Indonesia mengumumkan tidak menerima pengiriman paket cairan. Sebenarnya regulasi ini dikeluarkan oleh pihak bandara yang melarang pengiriman benda cair melalui pesawat. Oleh karena banyaknya paket yang dikembalikan karena distop di bandara maka banyak jasa ekspedisi yang mengambil pilihan untuk tidak menerima paket yang berisi cairan atau gel.
Jasa Pengiriman Paket Cair
Pengiriman Paket Cairan

Beberapa jasa pengiriman untuk paket cairan masih bisa ditemukan namun tidak disemua daerah dan terkadang ada berbagai aturan tambahan yang cenderung membuat biaya pengiriman menjadi membengkak, semisal terkena charge atau di hitung per 10 kg, meskipun paket cuma hanya seberat beberapa gram atau beberapa kilogram saja, ada yang lebih ringan semua paket dibawah 3 kg akan dihitung 3 kg. Adapula yang mewajibkan barang harus di packing kayu yang otomatis membuat timbangan menjadi lebih berat dan harus membayar ongkos tambahan sebesar 50 ribu rupiah.

Adanya peraturan ini dianggap banyak kalangan sebagai upaya preventif yang tidak bijaksana. Pasalnya tidak semua barang cairan berbahaya untuk penerbangan. Tidak masalah jika paket cairan tersebut adalah gas, baterai, alkohol atau bahan kimia lainnya yang dapat membahayakan, namun masih banyak bahan cair lain yang justru mungkin tidak ada bahayanya untuk penerbangan katakanlah air mineral, madu, atau parfum non alkohol. Adanya aturan ini dianggap sebagai akal-akalan karena jika penumpang dilarang membawa air mineral ke pesawat diatas 100 ml toh di pesawat menyediakan menu berbagai minuman.

Akan  lebih bijak jika bandara menggunakan alat pemeriksa yang lebih maju yang dapat membedakan bahan cair yang berbahaya atau tidak sehingga pengiriman paket cairan yang memang tidak membayakan tetap bisa sampai ketujuan tanpa mengganggu penerbangan.

Sebagaimana kita diketahui, dengan semakin pesatnya perkembangan internet dalam kehidupan masyarakat Indonesia, tidak sedikit yang menggantungkan hidupnya dari usaha toko online dan diantaranya menyediakan prodok cair seperti parfum, madu dan lainnya. Regulasi bandara tentang larangan pengiriman paket cairan tersebut jelas akan menghambat usaha mereka.


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Februari 01, 2013

15 komentar:

OBAT HERBAL RADANG PARU-PARU mengatakan...

Di tempatku sangat susah menemukan jasa pengiriman benda cair.

Sayyid mengatakan...

Setuju dengan mas Admin. Alangkah baiknya bandara menyediakan detektor yang lebih canggih sehingga bisa mendeteksi mana cairan yang berbahaya dan mana yang tidak. Padahal dijaman globalisasi seperti ini seharusnya dibuat aturan yang flexible dan mudah. Hal ini juga menyulitkan proses pengiriman madu yang saya jual via online. Padahal member-member hampir merata ada di seluruh pelosok Indonesia. Terpaksa mereka tidak bisa membeli madu dari luar daerah hanya krn ada aturan seperti ini. Mudah2an di masa datang bisa di temukan solusi yang tepat agar masalah pengiriman cairan ini tidak kaku sebagaimana saat ini. Demikian sharing saya semoga ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang. Terima kasih sebelumnya kepada admin.

sri widya mengatakan...

Setuju... Benar sekali mas, sy juga usaha si bidang kosmetik sangat sulit sekali utk mengirimkan barang di karnakan ada cairan.. Pernah 2 kali di tolak oleh jne katanya di tolak dari pihak penyortir bandara.. Padahal itu bukan cairan berbahaya..

Bang Adi mengatakan...

Sebel bgt 2xngirim gagal mulu. hampir bangkrut usaha online saya. pelanggan kebanyakan dari kalimantan saya dibekasi... jd ga bisa ngirim :(

violet mengatakan...

Jadi ekspedisi apa yang bisa menerima?

muhammad jumani mengatakan...

Saya kemaren menggunakan jasa KGP. kalau menurut kawan2 untuk paket2 cair masih bisa tembus lewat 3 jasa ekspedisi yang disebutkan diatas, asal packingnya bagus dan aman, tentunya jangan menyebutkan isi paket adalah cairan ketika mengirim.

Optimizer Jakarta mengatakan...

kalo jne mah nolak gan, kalo ditempat saya

Peluang Bisnis Online mengatakan...

Senada dengan bang Admin. Saya terpaksa menghentikan penjualan suplemen cair organic (SOC) gara-gara kebijakan ini. Terakhir kemaren saya ngirim SOC ke Kalimantan seberat 6kg via JNE, namun dibalikin karena terdeteksi cair. Lalu diminta menyetujui packing kayu standar JNE dengan biaya 2x lipatnya. Terpaksa deh saya setuju mengingat sudah deal dengan si buyer. Jadinya saya bayar 498rb (dari yang asalnya 249rb)

Lilik Nurindahsari mengatakan...

Setuju banget sya mau pesan pupuk cair aja susah perlu ongkos yg mahal ...

Anonim mengatakan...

Baru kemariinn 2 paket madu saya ga lolos. Padahal sebelumnya lolos semua dan sampai dgn selamat. huhuu. Padahal peminatnya banyak. Tp suplierku blg Dakota n Wahana masih terima pengiriman madu. Mudah-mudahan bener.

Erwin Amir mengatakan...

sangat merugikan kita mas bro..sy tidak sepakat dengan kebijakan ini. barang saya juga di tolak padahal packing saya aman kok. sy sangat kecewa dgn kebijakan ini padahal produk sy herbal cairan yg sangat bermanfaat untuk masyarakat. pasien sy sangat membutuhkannya.
tolong kl ada solusi mas bro.

madu100.com mengatakan...

Sy lg bingung mau krim madu ke teman tp ternyata ditolak oleh semua jasa pengiriman. Ada yg boleh tp dihitung 5 kg dan 10 kg, pada hal mau kirim cuman 1 kg....

Herbal Mulia mengatakan...

Sama gan nasibnya dengan saya,,,,
saya juga lagi cari-cari nich untuk ekspedisi madu yang saya jual. Posisi saya di jogja, dapet sich namanya gama logistik cuma belum saya datengin, coz ditelp susah

Anonim mengatakan...

mungkin para pebisnis online perlu mengadakan resolusi soal ketentuan tersebut. saya juga salah satu korban dari ktentuan yg kurang bijak itu.. wahana dan elteha adalah contoh ekspedisi yg mau terima kiriman benda cair, namun jaringannya tidak sebesar tiki, jne dan pos

Anonim mengatakan...

saya mau beli shampo mobil saja ongkirnya sama dengan harga shmponya (245 rb)...... paraaaaahhhhhhh

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion