Selasa, 05 Maret 2013

Bocoran Kunci Jawaban Soal UN

Bocoran Kunci Jawaban Soal UN belakangan menjadi hangat diperbincankan setelah beberapa sekolah di Banjar Baru mengaku siswanya sempat ditawari kunci jawaban soal UN dengan biaya 300 ribu rupiah. Kejadian ini sangat disayangkan karena dapat mempengaruhi psikologis peserta didik. Dengan beredarnya kunci jawaban yang kemungkinan besar abal-abal tersebut bisa membuat peserta UN tidak percaya kepada kemapuan dirinya sendiri. 
bocoran kunci jawaban soal un
Ujian Nasional | ilustrasi foto

Kunci Jawaban Soal UN yang kemungkinan palsu tersebut juga sangat merugikan jika digunakan oleh para siswa untuk menjawab karena hasilnya pasti akan membuat banyak siswa tidak lulus, dan jika memang benar pun tentunya hasilnya menjadi tidak bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan.

Di Banjarbaru seperti yang dilansir dari koran Banjarmasin Post, banyak siswa yang tidak lulus try out diduga karena terpengaruh oleh bocoran kunci jawaban soal yang beredar hampir disemua sekolah di daerah tersebut, bahkan ada satu sekolah yang siswanya semuanya tidak lulus.

Meski belum ada kepastian bahwa penyebab banyaknya siswa yang tidak lulus tersebut akibat terpengaruh bocoran kunci jawaban soal un yang beredar namun dari pengakuan beberapa siswa dan sekolah memang sempat ada tawaran kunci jawaban soal yang dihargai Rp 300 ribu untuk jurusan IPA dan IPS.

Sepertinya orang tua dan para guru harus lebih mewanti-wanti anak dan peserta didiknya agar tidak terpengaruh terhadap tawaran-tawaran seperti itu. Karena selain kunci jawaban soal tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan, anak juga dapat kehilangan rasa percaya diri dalam menjawab soal ujian. 

Hasil try out Ujian Nasional dari Dinas Pendidikan  Provinsi Kalimantan Selatan untuk sekolah-sekolah di Banjarbaru ternyata masih jauh dari harapan. Tidak ada sekolah yang berhasil lulus 100 persen dalam uji coba tersebut, sebaliknya justru salah satu sekolah hasil try outnya malah 100 persen tidak lulus. Beberapa sekolah juga nyaris tidak lulus seratus persen dengan hanya satu orang siswa yang lulus uji coba.

Try Out UN kedua rencananya akan digelar mulai 4 sampai 6 Maret dimana soal dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Try Out terakhir dilakukan sekitar 25 sampai 30 Maret 2013 soal dari sekolah masing masing.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Selasa, Maret 05, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion