Jumat, 22 Maret 2013

Ekosistem Kolam

Ekosistem seperti yang dikutip dari wikipedia adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme dengan matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.
Ekosistem kolam, gambar
Ekosistem Kolam memiliki kekhasan tersendiri, sebab  unit biosistem yang ada didalamnya berbeda dengan yang ada di ekosistem lainnya. Secara umum komponen ekosistem kolam juga tersusun atas komponen Abiotik dan Biotik. 

Komponen Abiotik ekosistem kolam misalnya Air, Oksigen terlarut, Cahaya, Lumpur atau tanah, dan lain sebagainya. Sedangkan komponen Biotik ekosistem kolam terdiri dari berbagai makhluk hidup baik yang berperan sebagai produsen maupun konsumen. Misalnya Fitoplankton, Teratai, Ikan, Katak, Jentik, Serangga air, eceng gondok, dan sebagainya.

Pencemaran terhadap ekosistem kolam dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem tersebut, dampak kecilnya bisa membunuh beberapa jenis organisme di dalam ekosistem tersebut yang dapat mempengaruhi rantai dan jaring-jaring makanan. Sedangkan dampak besarnya jika pencemaran cukup parah dapat memusnahkan ekosistem tersebut. Pencemaran tersebut bisa berasal dari industri, rumah tangga ataupun kegiatan atau aktifitas manusia sehari-hari.


ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Maret 22, 2013

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion