Kamis, 28 Maret 2013

Jenis-Jenis Hiu

Jenis-Jenis Hiu cukup banyak, diperkirakan ada sekitar 250 jenis atau spesies yang tersebar di perairan samudera hingga air tawar. Ukuran hiu pun bervariasi mulai dari yang besarnya hanya sekitar 30 cm hingga mencapai 13,5 meter (Hiu Paus).
jenis-jenis hiu di indonesia
Hiu Martil

Jenis-jenis Ikan Hiu memiliki kerangka yang terdiri dari tulang rawan dan seluruh tubuhnya diliputi sisik kecil yang tajam. Gigi hiupun sebenarnya merupakan modifikasi dari sisik-sisik ini.Gigi-gigi hiu tersusun berbentuk deret dari dalam ke arah luar, dan yang berfungsi adalah bagian paling luar, sedangkan deretan dalam berfungsi untuk menggantikan deretan gigi hiu yang paling luar, jadi selama hidupnya gigi hiu tidak akan pernah ompong.
Jenis hiu purba
Salah satu hiu unik mungkin termasuk hiu purba karena pernah hidup 280 dan 225 juta tahun lalu

Jenis-jenis gigi hiu yang utama ada 3 yaitu Gigi Pemotong atau penggunting yang berbentuk segitiga misalnya terdapat pada hiu putih besar. Gigi ramping mirip alat penggerek terdapat pada hiu makerel, dan gigi agak pipih berbentuk seperti trotoar berfungsi sebagai penghancur dan penggiling, terdapat pada hiu anjing halus.

Jenis-jenis hiu terganas, menurut laporan yang ada dari 250 spesies tersebut hanya sekitar 27 spesies yang sering melakukan penyerangan. Diantaranya adalah ;
  1. Hiu Putih Besar, selain agresif hiu ini juga berukuran cukup besar,
  2. Hiu Makerel, hiu ini sering menyerang perahu
  3. Hiu-hiu lainnya yang juga sering melakukan penyerangan adalah Hiu Martil, Hiu Macan, dan Hiu Abu-abu
Jenis-jenis hiu di Indonesia maupun di dunia berikut adalah yang sudah cukup dikenal dan hanya akan ditulis nama lokal (di Indonesiakan) ataupun nama ilmiahnya : Hiu Penebah (Alopias vulpinus), Hiu Banteng (Carcharhinus leucas), Hiu limun (Negaprion brevirostris), Hiu Biru (Prionace glauca), Hiu Berjemur (Cetorhinus maximus), Hiu Penidur (Somniosus microchepalus), Hiu Berduri (Echinorhinus brucus), Hiu Port Jackson (Heterodontus phiilippi), Hiu Sapi (famili Hexanchidae), Hiu Makerel ( Famili Isuridae), Hiu Porbeagel (Lamna nasus), Hiu Putih Besar (Carcharodon carcharias), Hiu Pasir (Famili Odontaspidae) Hiu Permadani ( Famili Orectolobidae), Hiu Gergaji ( Famili Pristiophoridae), Hiu Elfin (Mitsukurina owstoni), Hiu Kucing ( famili Scyliorhhinidae), Hiu Martil (famili Sphyrnidae),

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, Maret 28, 2013

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion