Minggu, 17 Maret 2013

Macam-macam Sel Telur (Ovum)

Macam-macam sel telur atau ovum menurut susunan  deutoplasma ada 4 yaitu :

Homolecithal, adalah sel telur yang memiliki deutoplasma sedikit, tersebar rata diseluruh sitoplasma (ooplasma). Terdapat pada Amphioxus dan Metatheria dan Eutheria. Sel telur jenis ini disebut juga Oligolecithal atau isolecithal.
macam-macam telur atau ovum
Telur Isolechital dan Mediolechital gambar

Mediolecithal, adalah telur dengan jumlah deutoplasma sedang, berupa lapisan  di daerah kutub vegetal telur. Terdapat pada Amphibia

Megalecithal, adalah telur atau sel telur yang mengandung banyak sekali deutoplasma, membentuk lapisan yang mengisi hampir semua telur. Sedangkan inti dan sedikit sitoplasma menempati hanya daerah puncak kutub animal. Terdapat pada golongan Pisces, Reptilia, Aves dan Monotremata.

Centrolecithal, adalah jenis telur yang memiliki deutoplasma relative banyak dibandingkan dengan volume telur, tetapi terletak dibagian tengah. Sitoplasma berada sebelah luar. Terdapat pada Insecta.
Macam telur menurut kromosom kelamin

Pada umumnya Vertebrata yang bersistem kromosom kelamin XY, oogonium mengandung kromosom XX. Karena itu selesai miosis setiap telur mengandung satu kromosom X tersebut. Macam telur yang terjadi menuru kromosom kelamin hanya satu yaitu Ovum-X.

Pada Aves yang bersistem ZW, oogonium mengandung susunan kromosom kelamin ZW. Dengan demikianselesai miosis ada dua macam ovum  yang kemungkinan terbentuk yaitu Ovum-Z dan ovum-W.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Minggu, Maret 17, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion