Jumat, 08 Maret 2013

Olimpiade sains SMA 2013

Lomba olimpiade sains 2013 yang merupakan lanjutan ajang bergengsi untuk tingkat SD, SMP, dan SMA se Indonesia kembali digelar tahun ini. Olimpiade Sains Nasional diadakan di kota-kota berbeda tiap tahunnya. Jenjang SD: Matematika dan IPA, Jenjang SMP: Matematika, Fisika, Biologi, dan pada tahun 2008, ditambahkan bidang baru yaitu Astronomi, tetapi pada tahun 2009, bidang Astronomi ditiadakan kembali. Tahun 2010 ditambahkan bidang baru yaitu IPS,Jenjang SMA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, dan pada tahun 2008 ditambahkan bidang baru yaitu Kebumian. Untuk OSN 2013 tahun ini ditambahkan bidang Geografi.
seleksi lomba olimpiade sains sd dan sma
Id Card Seleksi Olimpiade Sains (contoh)
 
Pelaksanaan olimpiade sains 2013 untuk tingkat SMP akan diadakan di Batam, Kepulauan Riau, sedangkan untuk tingkat SD dan SMA akan diadakan di Bandung, Jawa Barat.

Cara Ikut olimpiade Sains Nasional 2013 tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu dengan mengikuti seleksi olimpiade sains tingkat kabupaten   dan provinsi. Mereka yang lolos dari tingkat provinsi berhak untuk meneruskan ke tingkat nasional. Pendaftaran seleksi olimpiade sains nasioanal tingkat kabupaten menurut kabar sudah dibuka, saatnya kamu yang merasa memiliki kemampuan bisa meminta pihak sekolah untuk didaftarkan.
olimpiade sains 2013 sma
Piagam Olimpiade Sains
Lomba Olimpade Sains yang diadakan di tingkat kabupaten disebut juga pra olympiade keilmuan dan pesertanya merupakan perwakilan setiap sekolah yang berada di kabupaten tersebut. Pemenang juara satu dari hasil seleksi  masing-masing bidang keilmuan tersebut akan di ikutkan ke seleksi tingkat nasional.

Seleksi Olimpiade Sains yang pernah Admin ikuti adalah sewaktu SD dan SMA, di tahun 1999 di ikutkan seleksi olimpiade sains untuk mata pelajaran IPA, namanya pun masih lomba mata pelajaran. Sayang saat itu cuman bisa juara 3 untuk seleksi tingkat kabupaten. Untuk seleksi olimpade sains Kimia di tingkat kabupaten pada tahun 2004 alhamdulillah bisa juara 1 dan bisa lanjut ke tingkat provinsi. Kalau tidak salah waktu itu ada 5 perwakilan dari sekolah dan 3 bisa jadi juara  satu teman berhasil juara satu di bidang studi Biologi, dan satunya lagi juara 3 untuk bidang studi Kimia.

Saran untuk peserta seleksi pra olimpiade ke ilmuan, jangan pernah meragukan kemampuan mu, yang penting berusaha dan berdoa.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Jumat, Maret 08, 2013

1 komentar:

Elizabeth Lopez mengatakan...

Kak.. :D prediksi soal2nya ada nggak ? utk tahun ini :D

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion