Rabu, 27 Maret 2013

Perangkap Ikan Sederhana

Perangkap Ikan sederhana adalah alat tangkap ikan yang dibuat dengan cara yang sederhana, umumnya bahan-bahan yang digunakanpun adalah bahan-bahan sederhana yang mudah didapat dan terkadang hanya memanfaatkan bahan-bahan bekas yang ada disekitar kita. Perangkap ikan sungai berikut adalah salah satu perangkap ikan sederhana yang sangat simple dan bisa dibuat dengan mudah oleh siapa saja.
cara membuat perangkap ikan
Perangkap Ikan Sederhana

Cara membuat perangkap ikan kali ini akan saya bahas secara umum saja, mudahan-mudahan bisa bermanfaat. Namun karena perangkap ini adalah perangkap kecil jadi hanya ikan-ikan kecil yang menjadi sasaran, sebagai contoh jenis anak ikan gabus, anak ikan sepat, anak ikan betok, ikan gupi atau cupang sungai, dan sebagainya

perangkap sederhana
Botol air mineral yang sudah di potong bagian atasnya
Cara membuat perangkap ikan sederhana yang saya akan saya share kali ini memerlukan alat dan bahan sebagai berikut :
1. Botol air mineral bekas volume 1500 ml
2. Gunting/cutter
Cara membuat nya adalah dengan memotong bagian leher botol air mineral tersebut menggunakan gunting atau cutter, kemudian bagian potongan atas di posisikan sedemikian rupa agar masuk ke bagian badan botol dengan bagian mulut botol menghadap ke arah dalam (lihat gambar).
cara membuat perangkap ikan
Perangkap Ikan Sederhana
Meletakan perangkap ikan, caranya adalah dengan menaruh perangkap tersebut ditepian sungai yang arusnya tidak begitu deras. Sasaran atau target tangkapan adalah ikan-ikan yang mencari makan di permukaan air, berbagai jenis ikan seperti disebutkan diatas (lihat gambar paling atas).
perangkap sederhana
Hasil tangkapan ikan kurang dari lima menit

Nah jika ikan yang ada cukup banyak maka tidak perlu waktu lama untuk berhasil menjebak ikan-ikan tersebut, umumnya memang ikan yang didapat adalah ikan-ikan kecil namun jika anda ingin mendapat hasil yang banyak maka bisa dibuat lebih dari satu, atau gunakan hasil tangkapan ini untuk umpan mendapatkan ikan yang lebih besar dengan kail. Sebagai contoh saya sudah menguji perangkap ini berkali-kali, dan untuk mengambil gambar tutorial cara membuat perangkap ikan sederhana ini saya sempat meletakan perangkap tersebut kurang dari 5 menit dan berhasil menjaring 3 ikan kecil dan 1 serangga air.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, Maret 27, 2013

3 komentar:

Anonim mengatakan...

ada umpanyya ngga sob?

Mobile anime mengatakan...

Mantab

Anonim mengatakan...

Makasih tipsnya! Alhamdulillah dpt bnyk ikan :D 😂

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion