Sabtu, 13 April 2013

Contoh Penulisan Pustaka Karya Ilmiah

Contoh penulisan Daftar Pustaka yang benar kerap menjadi salah satu titik lemah para mahasiswa ataupun siswa ketika menyusun karya-karya tulis ilmiah baik berupa makalah hingga skripsi.  Beberapa buku tentang penulisan Pustaka yang benar telah cukup banyak diterbitkan, umumnya tata cara penulisan pustaka yang benar tersebut dibahas bersama-sama dalam tata cara penulisan atau penyusunan karya ilmiah.
Penulisan Pustaka Yang benar pada Skripsi merupakan salah satu point keberhasilan penyusunan skripsi tersebut. Kadang hal ini dianggap sepele dan tidak terlalu diperhatikan yang justru bisa menjadi bomerang saat sidang baik usulan maupun hasil.
Contoh penulisan Daftar Pustaka yang benar
Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Cara Penulisan Daftar Pustaka sering kali terjadi kesalahan pada sumber seperti  jurnal, makalah, Koran atau surat kabar, internet dan publikasi oleh perusahaan atau lembaga. Kesalahan ini cukup bisa dimengerti  mengingat  tata cara penulisan  pustaka tersebut cukup jarang ditemui dan lebih banyak yang mengambil referensi dari buku.

Tatacara penulisan Pustaka yang benar dalam karya ilmiah baik makalah, skripsi dan sebagainya diambil dari Buku Petunjuk penulisan Karya Ilmiah  Jurusan MIPA Fakultas  FKIP UNLAM 2007.

Contoh Penulisan Pustaka  untuk Buku
Alloway, B.J. & D.C. Ayres. 1993. Chemical Principles of Environmental Pollution. Blackie Akademic & Professional, London.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Untuk Buku Terjemahan
Draper, N.& H. Smith. 1992. Analisis Regresi Terapan. Edisi ke-2. Terjemahan Bambang Sumantri. Gramedia, Jakarta.

Contoh Penulisan  Pustaka dari Jurnal/majalah ilmiah
Swafford, J.O., G.A. Jones, C.A. Thornton, S.L. Stump & D.R. Miller. 1999. The Impact on Instructional Practice of a Teacher  Change Model. Journal of Research and Development in Education. 32:69-82.

Contoh penulisan pustaka yang mengambil sumber dari Makalah yang tidak dipublikasikan
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kontekstual (contextual Teaching and Learning), Hakikat, Filosofi dan Contoh Implementasinya. Makalah pada penelitian Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Pembelajaran Kontekstual di Perguruan Tinggi. PMIPA FKIP Unlam, Banjarmasin. Tidak di Publikasikan.

Contoh Penulisan Pustaka dengan sumber Publikasi oleh perusahaan/ Lembaga
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor. 1996. Katalog Sarjana FMIPA IPB 1995-1999. FMIPA IPB, Bogor.

Minitab Inc. 1991. Minitab Reference Manual V.8. State. College, USA.

Contoh Penulisan Pustaka yang mengambil sumber dari surat kabar/koran
Ada Nama Pengarang :
Jumani, M.  2012. Tembus Rimba Kahung. Banjarmasin Post.  27 Desember 2012. hal.. .. (kolom ..)
Tidak ada Nama Pengarang :
Ditemukan, Antikanker Baru. Banjarmasin Post. 9 Agustus 2000. hal 6 (kolom 7-8).

Contoh Penulisan Pustaka yang mengambil sumber dari Internet :
Jumani, M. 2013. Kunci Determinasi Ordo Seranggahttp://www.mjumani.net/2013/02/kunci-determinasi-ordo-serangga-part-1.html

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Sabtu, April 13, 2013

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion