Kamis, 18 April 2013

Ide-Ide Praktikum Sederhana

Ide-ide Praktikum Sederhana adalah salah satu cara mewujudkan pembelajaran yang tidak monoton ditengah keterbatasan sarana dan prasarana penunjang misalnya alat dan bahan praktikum. Tidak bisa dipungkiri, kerap seorang tenaga pengajar terlalu cepat pasrah dan kurang kreatif ketika harus mengapdi disekolah yang tertinggal dan serba terbatas. Padahal disinilah peran dan kreatifitas guru dituntut agar peserta didik tetap mendapatkan hak-hak mereka.
praktikum sederhana untuk materi fisika
Bahan-bahan praktikum Sederhana Untuk Materi Hukum Newton 3 

Praktikum Sederhana untuk pelajaran Fisika, Biologi maupun Kimia bisa kita rancang dengan menggunakan bahan-bahan alternatif yang tentu saja selain murah meriah juga mudah ditemukan dilingkungan sekitar. Bahkan terkadang alat dan bahan tersebut bisa diperoleh dari barang bekas yang tidak memerlukan biaya sepeserpun, tentunya ini tidak akan memberatkan peserta didik khususnya untuk mereka yang sekolah-sekolah di pinggiran dimana bagi mereka mata uang seribu rupiah masih sangat berharga.
cara membuat praktikum untuk materi Gaya
Praktikum Sederhana

Praktikum Sederhana Fisika ( Materi Misal : Hukum Newton III dan Hukum Kekekalan Momentum), contohnya bisa dihubungan dengan cara kerja pendorong pada roket, secara sederhana praktikum mengenai materi tersebut bisa menggunakan beberapa alat dan bahan sederhana yaitu korek api dan selembar aluminium foil yang bisa diganti dengan kertas timah pembungkus rokok.

Cara menyusun alat dan bahan praktikum tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Pertama siapkan 2 batang korek api 
  2. Ambil potongan kertas aluminium foil atau kertas pembungkus rokok (yang bagian dalam), bungkuskan kepada kedua batang korek api yang telah dipertemukan masing-masing ujungnya (pentolan korek).
  3. Letakan dengan sudut kemiringan 45-60 derajat ditempat yang agak terbuka dan jauh dari bahan yang mudah terbakar
  4. Sulut bagian tengah sambungan korek api (yang dibalut dengan aluminium foil atau kertas timah) beberapa saat
  5. Perhatikan apayang terjadi, jika berhasil maka salah satu batang korek api akan meluncur ketika korek api terbakar. Perhatikan gambar
  6. Selanjutnya guru bisa meminta siswa untuk membuat laporan dan menyimpulkan praktikum tersebut.
Catatan : Praktikum ini harus dilakukan dengan pengawasan, sebaiknya yang menyulut adalah anak laki-laki.

Praktikum sederhana lainnya masih sangat banyak yang bisa dirancang dari alat dan bahan sederhana disekitar kita, mudahan-mudahan bisa di posting lain waktu.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, April 18, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion