Kamis, 11 April 2013

Kahung | Wisata Alam Kalimantan Selatan

Kahung mungkin tidak se-terkenal Loksado yang sudah mendunia, namun jika dikelola dengan optimal kawasan yang berada di wilayah Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar ini juga memiliki daya tarik yang tak kalah mempesona.  Kahung memiliki beberapa keunggulan di banding objek wisata lain yang ada di Kalimantan selatan. Diantaranya adalah Kahung terletak berdekatan dengan desa Belangian yang berada ditepian Waduk Riam Kanan, yang selama menempuh perjalanan kesana kita akan disuguhi pemandangan alam yang menyejukan.
Kelebihan Wisata kahung
Kahung Waterfalls
Wisata Kahung memiliki potensi yang sangat berharga untuk dikembangkan, letaknya yang cukup dekat dengan kota Banjarmasin serta masih memiliki hutan perawan dengan beragam flora dan fauna nya yang khas akan menjadi objek wisata yang sangat menarik dibawah pengelolaan yang serius. Bahkan, saat ini Kahung telah menjadi salah satu tujuan wisata alam bagi para penikmat petualangan di alam terbuka. Kahung juga sering kali dijadikan tujuan para mahasiswa dalam melakukan kegiatan praktikum maupun penelitian.
Jenis-jenis anggrek yang ada di Kahung
Bulbophyllum vaginatum Salah satu anggrek yang bisa dijumpai di hutan Kahung

Lembah Kahung bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dari kota Banjarmasin, perjalalan menempuh rute Banjarmasin - Aranio, dari sini perjalanan harus diteruskan menggunakan Kelotok, karena harus menyusuri Waduk Riam Kanan untuk mencapai desa terdekat dari lokasi yaitu desa belangian. Sebuah desa yang di huni sekitar 99 KK yang merupakan pintu masuk untuk sampai ke Hutan Kahung.Dari sini umumnya para pengunjung harus berjalan kaki, tetapi dapat pula menyewa Kerbau atau Hadangan sebagai transportasi alternatif. Karena perjalanan yang cukup jauh untuk menuju Air Terjun Lembah Kahung yang menjadi "incaran" para wisatawan maka beberapa Shelter atau tempat peristirahatan telah disediakan. 

Kahung Waterfalls itulah sebutan untuk Air Terjun yang ada di Hutan Kahung. Sebuah air terjun yang masih alami dan jarang terjamah manusia akan menyambut para petualang pemberani. Karena tidak mudah untuk mencapai air terjun ini, selain medan yang berat, adanya Halimatak sejenis lintah yang siap meminta beberapa tetes darah akan memberi tantangan tersendiri.

Selain Pesona Air Terjunnya, Kahung juga menyimpan Pesona Anggrek Alam atau Anggrek spesies yang kerap ditemui disepanjang jalur penjelajahan. Pada musim tertentu terutama pada musim Bunga maka para "tamu" hutan kahung akan disuguhi aneka bunga Anggrek berbagai jenis dengan warna dan corak yang beragam.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Kamis, April 11, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion