Rabu, 10 April 2013

Liocheles australasiae | Kalajengking Kecil

Liocheles australasiae adalah salah satu jenis kalajengking  atau scorpion. Kalajengking tergolong kedalam kelas Arachnida yang termasuk kedalam Famili Scorpionidae. Liocheles australasiae bisa ditemui di dataran rendah Kalimantan (Borneo). Kalajengking ini berukuran kecil, rata-rata hanya berukuran sekitar 3,5 cm meski  spesies ini bisa mencapai ukuran maksimal 6 cm. Perawakannya berwarna kecoklatan dan  hidup dari memakan larva atau serangga kecil. L. australasiae lebih aktif dimalam hari, pada siang hari lebih banyak bersembunyi disela-sela serasah atau pelepah tanaman, terkadang juga dijumpai diantara kayu-kayu yang telah lapuk atau dibawah bebatauan.

Jenis kalajengking di Indonesia

Liocheles australasiae

Dahulu, Bagi Saya yang tinggal di kalimantan selatan yang mana sebagian daerahnya berupa rawa-rawa mengira tidak akan pernah menemukan yang namanya kalajengking, di dalam benak waktu itu kalajengking adalah hewan sengat berbisa yang hanya bisa dijumpai di gurun-gurun pasir dan hutan-hutan hujan tropis seperti di Amazon dan lainnya. Namun ternyata kami bisa menemukan L. australasiae  dengan habitat yang mungkin tidak pernah diperkirakan orang sebelumnya. Sayangnya untuk menemukan habitat kalajengking kecil inipun kini tidak semudah dulu. Beberapa tempat yang beberapa tahun sebelumnya pernah dikabarkan menjadi habitat L. australasiae ini kini sudah beralih fungsi.

Kalajengking Indonesia, sebenarnya ada cukup banyak. Namun informasi mengenai hewan yang dianggap berbahaya ini masih cukup minim. Informasi yang lebih detail terbatas hanya diantara para pecinta kalajengking, forum-forum atau buku-buku ensiklopedia.
Salah satu habitat Liocheles australasiae
 
Jenis kalajengking yang bisa ditemukan di Indonesia  ini memiliki tingkat racun sengat katagori ringan, umumnya tidak membahayakan untuk manusia. Alat pertahanan lebih cenderung menggunakan sapitnya yang kokoh. Meski begitu, beberapa kasus orang yang pernah terkena sengat mengatakan efek sengat dari kaljengking ini seperti tersengat tawon, dengan rasa nyeri dan bengkak kecil.

Nama kalajengking ini cukup dikenal diantara para pecinta scorpion, karena selain mudah dipelihara keberadaannya untuk saat ini masih tergolong mudah didapat. Biasanya bagi para kolektor, kalajengking ini dipelihara didalam tempat khusus seperti akuarium yang telah ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai habitat asli hewan yang masuk kedalam  kelompok Arthropoda tersebut.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Rabu, April 10, 2013

1 komentar:

Rafka mengatakan...

Sudah diterima artikelnya untuk PIM bos...

Posting Komentar

Mohon Maaf Pesan Akan di Moderasi Dulu Sebelum Di Terbitkan
Pesan yang kurang sopan atau kurang pantas akan di Hapus.

 

mjumanion